Peringati HSN, Kalangan Ponpes Minta Pemerintah Lebih Perhatian

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 14:54 WIB
loading...
Peringati HSN, Kalangan Ponpes Minta Pemerintah Lebih Perhatian
Memperingati HSN tahun 2021, Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang berharap pemerintah lebih memberikan perhatian kepada kalangan santri agar bisa lebih berdaya saing. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021, Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang berharap pemerintah lebih memberikan perhatian kepada kalangan santri agar bisa lebih berdaya saing.Pimpinan Ponpes Ar-Rahman Palembang, Mohamad Muhsan mengatakan, pihaknya mengapresiasi pemerintah karena telah menjadikan Hari Santri sebagai hari peringatan nasional.

"Ini wujud rasa syukur para santri yang telah diberi ruang khusus oleh pemerintah bahwa saat ini Hari Santri sudah diperingati secara nasional Ini kebanggan kita bagi para santri," ujar Muhsan usai menggelar upacara HSN, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, lanjut Muhsan, pemerintah juga diharapkan tidak hanya mengembangkan dan memberi ruang kepada kalangan Ponpes, tapi juga menganggarkan bagaimana pesantren mendapat bagian seperti sekolah umum lainnya.

"Selama ini anggaran pesantren hanya diperoleh dari swadaya dan donatur swasta, baik badan maupun perorangan. Namun, kita ingin pemerintah bisa menganggarkan untuk kalangan pesantren, sehingga tidak terkesan seperti di dianaktirikan," ungkapnya.

Dalam peringatan HSN, Ponpes Ar-Rahman juga menggelar drama kolosal yang menceritakan tentang kalangan ulama yang ikut berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Drama kolosal ini ingin mengingatkan dan menyampaikan pesan moral agar santri tidak lupa bahwa kalangan santri juga termasuk dalam bagian dari perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan," jelasnya.

Sementara itu seorang santriwati Kelas XII, Teza Ristina menilai, adanya drama kolosal tersebut menyadarkan bahwa para santri juga dapat berkreasi seperti pelajar lainnya.

"Ada rasa bangga tersendiri bisa menjadi seorang santri. Apalagi saat ini santri tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Kami juga bisa berkreasi seperti pelajar umum lainnya," ucapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)