4 Fakta Gempa Malang M5,3, Nomor 2 Bikin Lari Keluar Rumah

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 11:09 WIB
loading...
4 Fakta Gempa Malang M5,3, Nomor 2 Bikin Lari Keluar Rumah
Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M)5,3 yang berpusat di Kabupaten Malang dirasakan sejumlah wilayah di Jawa Timur, Jumat pagi (22/10/2021). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
MALANG - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M)5,3 yang berpusat di Kabupaten Malang juga dirasakan oleh sejumlah wilayah di Jawa Timur, Jumat pagi (22/10/2021).

4 Fakta Gempa Malang M5,3, Nomor 2 Bikin Lari Keluar Rumah


Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berkekuatan Magnitudo 5,3 SR terjadi pada pukul 09.21 WIB. Gempa berpusat di koordinat 8,84 LS, 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 33 kilometer dari permukaan air laut.



- Membuat Panik Warga
Guncangan gempa Malang yang terjadi pukul 09.21 WIB membuat warga panik, berhamburan ke luar rumah dan geger. Sejumlah warga di Blitar bahkan gemetaran saat keluar rumah menyelamatkan diri.

- Terasa Seperti Getaran Truk
BMKG menyebut guncangan gempa dirasakan seperti guncangan truk di level II-III MMI. Sedangkan di level II MMI, getaran gempa terasa oleh warga dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.


- Dirasakan Sejumlah Wilayah di Jatim
Wilayah yang merasakan guncangan gempa Malang M5,3 yaitu: Malang, Ponorogo, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek dengen level II-III MMI. Getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sedangkan di Pacitan merasakan getaran dengan kekuatan II MMI, dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

- Tak Menyebabkan Tsunami
BMKG menyatakan bahwa hasil permodelan mengungkap bahwa gempa Malang M5,3 tidak menyebabkan potensi tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4642 seconds (0.1#10.140)