1.500 UMKM di Banten Tergabung dalam Kelompok Binaan Airlangga Hartarto

Senin, 18 Oktober 2021 - 12:11 WIB
loading...
1.500 UMKM di Banten Tergabung dalam Kelompok Binaan Airlangga Hartarto
Bermunculannya spanduk bergambar Airlangga Hartarto di warung-warung ternyata adalah salah satu program dari UMKM usAHA. (Ist)
A A A
BANTEN - Bermunculannya spanduk bergambar Airlangga Hartarto di warung-warung ternyata adalah salah satu program dari UMKM usAHA. Sebuah kelompok pemberdayaan masyarakat yang dibina Airlangga Hartarto dan fokus kegiatannya pada pelatihan UMKM.

Hellen Noya, Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang membenarkan status Airlangga sebagai pembina di UMKM usAHA. "Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena beliau adalah pembina dari UMKM usAHA.

Ini merupakan inisiatif kami, karena beliau memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Apalagi ekonomi Indonesia kan lagi terdampak pandemi," jelas Hellen kepada wartawan di Tangerang, Minggu (17/10/2021).

Perempuan berusia 21 tahun ini mengatakan, UMKM usAHA ini bukanlah program pemerintah atau bagian dari kegiatan kampanye partai. Menurutnya UMKM usAHA adalah kelompok atau komunitas yang dibentuk untuk pemberdayaan UMKM.

Helen mengatakan, saat ini ada 520 UMKM yang telah mengikuti pelatihan dan bergabung dalam komunitas UMKM usAHA di Kota Tangerang. Sementara untuk wilayah Banten totalnya ada 1506 UMKM, yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Baca: Truk Tangki Kimia Pecah Ban di Tol Merak, 1 Tewas 28 Terluka.

Selain melakukan pelatihan wirausaha dan membentuk komunitas, UMKM usAHA juga telah merencanakan beberapa program lain.

"Ke depan kita ada beberapa program lain seperti usAHA bantu usaha, itu upaya membantu pelaku usaha super mikro yang benar-benar membutuhkan untuk menjalankan usaha. Misalnya ada yang gerobaknya rusak sehingga tidak bisa jualan, itu kita bantu secara swadaya. Program ini baru akan jalan bulan ini, kemarin sih ujicoba nya di Solo udah berjalan, " terang Helen. Baca Juga: Cegah Stunting, Jago Ceting Jadi Andalan Pemkot Surabaya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)