Jumat Kelabu! 2 Tragedi Susur Sungai Telan Banyak Korban Jiwa

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 05:56 WIB
Jumat Kelabu! 2 Tragedi Susur Sungai Telan Banyak Korban Jiwa
Tim SAR gabungan mengevakuasi para korban di Sungai Cileueur di Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto/iNewsTV/Acep Muslim
A A A
CIAMIS - Dua kegiatan susur sungai yang menelan banyak korban jiwa terjadi di hari Jumat. Kisaran waktunya juga sama, yakni sore. Peristiwa terbaru menimpa siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, Jabar pada Jumat sore (15/10/2021). Sedangkan sebelumnya dialami siswa SMP Negeri 1 Turi, Donokerto, Turi, Sleman, DIY pada Jumat sore (21/2/2020).

Kejadian yang menimpa 150 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Pesantren Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat sore (15/10/2021).

Mereka melakukan kegiatan Pramuka berupa susur sungai di Sungai Cileueur di Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Baca juga: Kronologi Susur Sungai Cileueur di Ciamis Berujung Maut, 11 Siswa Tewas



Saat 21 rombongan siswa menyeberang, tiba-tiba terseret arus dan tenggelam. Sebanyak 11 santri ditemukan telah meninggal dunia dan 10 berhasil diselamatkan.

Kejadian serupa pernah terjadi saat susur sungai dalam kegiatan Pramuka yang digagas guru pembina di SMP Negeri 1 Turi, Sleman, DIY. Sebanyak 10 siswa tewas terseret arus dan tenggelam saat menyusuri Sungai Sempor di Donokerto, Turi, Sleman, Jumat sore (21/2/2020) lalu.

Saat kejadian ada 249 siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Turi yang mengikuti kegiatan susur sungai. Meski awalnya cuaca cerah, namun tiba-tiba datang kiriman banjir dari arah hulu (Gunung Merapi).

Para siswa yang panik akhirnya terseret arus Sungai Sempor yang mendadak berubah jadi banjir. Sejumlah siswa ditemukan terseret jauh dari lokasi. Sebanyak 23 siswa diselamatkan dan dalam kondisi terluka.

Sedangkan 10 siswa lainnya ditemukan meninggal dunia yang menyisakan duka mendalam bagi orang tuanya hingga saat ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2076 seconds (11.97#12.26)