Berdayakan Masyarakat, Airlangga Bina 340 UMKM 6 Kecamatan di Wilayah Ini

Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:19 WIB
Berdayakan Masyarakat, Airlangga Bina 340 UMKM 6 Kecamatan di Wilayah Ini
Adanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dinilai bisa membantu mengembangkan potensi di masyarakat. (Ist)
A A A
BOGOR - Adanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dinilai bisa membantu mengembangkan potensi di masyarakat. Seperti 340 UMKM yang ada di enam kecamatan di Wilayah Kota Bogor, Jawa Barat.

Keberadaan UMKM yang dibina oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ini, terbukti keberadaannya memberikan manfaat masyarakat sekitar.

"UMKM usAHA merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat, yang fokus kegiatanya pada pelatihan UMKM. Salah satu program yang sudah berjalan adalah Program Pelatihan WirausAHA Maju," kata Koordinator UMKM usAHA Kota Bogor, Uus Mustopa dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/10/2021).

Tidak hanya di Kota Bogor, UMKM usAHA ternyata juga ada di wilayah lain. Di Jawa Barat total ada 4.111 UMKM, dan secara keseluruhan hingga saat ini ada sekitar 11 ribu UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM usAHA.



Jumlah tersebut menurut Uus masih akan bertambah lagi karena UMKM usAHA berencana untuk membuat program pelatihan dan program-program lain untuk UMKM. Hal itu diyakini akan membuat komunitasnya menjadi semakin besar.

"Ini yang ingin ikut bergabung makin banyak, dan rencananya akan ada program pelatihan ditambah program-program lain yang bermanfaat untuk UMKM," ucap Uus.

Sementara itu, salah satu UMKM usAHA yakni Tauco Karunia Mandiri milik Nunung Anisah (58 tahun), di Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor menuturkan, awalnya ia diajak bergabung oleh teman adiknya, yang lebih dulu bergabung dan menjadi salah satu koordinator UMKM.

Nunung kemudian didaftarkan dalam program pelatihan WirausAHA Maju. Ia pun mengikuti proses pelatihan secara online melalui aplikasi zoom. "Dari pelatihan saya mendapat pengetahuan baru tentang cara pemasaran," kata Nunung.

Foto Airlangga dan logo UMKM usAHA serta spanduk juga bertuliskan pesan ajakan untuk belanja di UMKM dan nama warung/tempat usaha terpasang di tempat usahanya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2605 seconds (11.252#12.26)