WHO Sebut Virus Covid-19 Berasal dari Hewan

Rabu, 22 April 2020 - 07:22 WIB
loading...
WHO Sebut Virus Covid-19 Berasal dari Hewan
WHO menyebut virus Corona baru, COVID-19, berasal dari hewan bukan buatan laboratorium. Foto/Vox
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, semua bukti yang ada menunjukkan virus Corona baru atau Covid-19, berasal dari hewan di China. Virus Covid-19 tidak dimanipulasi atau diproduksi di laboratorium.

"Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan bukan rekayasa atau dibuat di laboratorium atau di tempat lain. Kemungkinan besar, mungkin, virus itu berasal dari hewan," kata juru bicara WHO, Fadela Chaib, dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss, dilansir dari 9News, Selasa (21/4/2020).

Menurut Chaib, tidak jelas, bagaimana virus itu melompati penghalang spesies bagi manusia, tetapi tentu saja ada inang hewan perantara.

"Kemungkinan besar memiliki reservoir ekologis pada kelelawar, tetapi bagaimana virus menular dari kelelawar ke manusia masih harus dilihat dan ditemukan," kata dia.

Dia tidak menanggapi permintaan untuk menjelaskan apakah ada kemungkinan virus tersebut lolos dari laboratorium Wuhan secara tidak sengaja.

Sebelumnya, pada pekan lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, pemerintahnya berusaha untuk menentukan apakah virus tersebut berasal dari laboratorium di kota Wuhan di Cina tengah, tempat pandemi virus Corona muncul pada bulan Desember.

Institut Virologi Wuhan sendiri telah menepis desas-desus bahwa laboratorium itu mensintesis virus atau membiarkannya lolos.

Saat ditanya tentang dampak keputusan Trump untuk menghentikan pendanaan ke badan PBB atas penanganan pandemi virus Corona, Chaib mengatakan, WHO masih menilai situasi tentang pengumuman oleh Presiden Trump. "Kami akan menilai situasinya dan kami akan bekerja dengan mitra kami untuk mengisi celah apa pun," ujar Chaib.

"Sangat penting untuk melanjutkan apa yang kita lakukan tidak hanya untuk Covid-19 tetapi untuk banyak, banyak, banyak, banyak program kesehatan lainnya," kata dia merujuk pada tindakan melawan polio, HIV dan malaria di antara penyakit lainnya.

Dia mengatakan, sebanyak 81% dana WHO untuk dua tahun ke depan pada akhir Maret, mengacu pada anggaran dua tahunan USD4,8 miliar.

Pada pekan lalu, Trump memerintahkan penghentian sementara pendanaan AS sambil menunggu peninjauan atas dugaan kesalahan langkah WHO dalam mengelola dan merespons wabah Covid-19. Trump menilai WHO terlalu China sentris dalam menangani wabah virus Corona dengan terlalu mempercayai data yang diberikan oleh Beijing.

AS adalah donor terbesar badan yang bermarkas di Jenewa itu. Sementara kontributor besar lainnya adalah Gates Foundation dan Inggris.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)