Kasus COVID-19 di Blitar Terus Melandai, Baru Satu Objek Wisata yang Dibuka

Selasa, 05 Oktober 2021 - 02:11 WIB
loading...
Kasus COVID-19 di Blitar Terus Melandai, Baru Satu Objek Wisata yang Dibuka
Meski COVID-19 terus melandai, namun baru satu tempat wisata di Blitar yang mendapat rekomendasi diizinkan menerima kunjungan wisatawan. (Ist)
A A A
BLITAR - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar terus melandai. Dalam dua hari terakhir hanya terjadi tiga tambahan kasus positif baru. Pada Minggu (3/10) sebanyak dua kasus, dan Senin (4/10) hanya satu kasus.

Namun kendati demikian, baru satu tempat wisata yang mendapat rekomendasi diijinkan menerima kunjungan wisatawan. "Konfirmasi COVID-19 hari ini 1," ujar Juru Bicara Tim Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Eko Wahyudi dalam keterangan rilisnya Senin (4/10/2021).

Penambahan satu kasus positif baru, berasal dari wilayah Kecamatan Selopuro. Sejak level PPKM turun dari III ke I, situasi pandemi COVID-19 Di Kabupaten Blitar relatif terus membaik.

Misalnya kasus kematian. Sudah beberapa hari ini tidak mengalami kenaikan. Secara akumulatif, jumlah kasus kematian berhenti di angka 1.635 kasus. Sedangkan jumlah akumulatif kasus positif sebanyak 10.851 kasus dengan 9.183 orang diantaranya, sembuh. Saat ini tinggal 16 orang yang dirawat di rumah sakit dan 17 orang menjalani isolasi terpadu.

Kasus COVID-19 di Kabupaten Blitar terus melandai. Namun sampai hari ini masih satu tempat wisata yang boleh buka. Yakni wahana wisata Kampung Cokelat yang berlokasi di Kecamatan Kademangan. Sebab meski sesuai penilaian Kemenkes RI sudah PPKM level I. Namun Kemendagri masih menilai sebagai PPKM level III. Baca: Dramatis! Evakuasi Sopir Truk yang Terjepit Bodi Kendaraan Usai Tabrak Pohon.

"Saat ini baru satu tempat wisata yang mendapat rekomendasi Kemenparekraf RI untuk uji coba," kata Kepala Disparbudpora Pemkab Blitar Suhendro Winarso. Uji coba pembukaan wahana wisata Kampung Cokelat sudah berjalan seminggu. Kampung Cokelat dinilai memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pihak pengelola juga menerapkan aplikasi Pedulilindungi. Namun jumlah kunjungan wisatawan masih dibatasi. Sebelum dibolehkan menerima kunjungan secara penuh, pemkab akan lebih dulu melihat hasil evaluasi. Baca Juga: Dibuka untuk Wisman, Bandara Ngurah Rai Tunggu Regulasi Kemenhub.

Seperti diketahui, jumlah destinasi wisata di Kabupaten Blitar mencapai ratusan titik. Selain kawasan bahari dan pegunungan, di Blitar banyak terdapat situs sejarah kerajaan kuno.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6180 seconds (0.1#10.140)