Sarat Inovasi Jadi Nilai Tambah Parepare di Mata Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat

Senin, 04 Oktober 2021 - 16:22 WIB
loading...
Sarat Inovasi Jadi Nilai Tambah Parepare di Mata Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat
Tim Verifikasi Nasional Penyelenggaraan Kota Sehat 2021 rampung melakukan verifikasi lapangan di Kota Parepare, Jumat (1/10/2021).
A A A
KOTA PAREPARE - Tim Verifikasi Nasional Penyelenggaraan Kota Sehat 2021 rampung melakukan verifikasi lapangan di Kota Parepare, Jumat (1/10/2021). Selama tiga hari verifikasi, mulai Rabu (29/9/2021), tim memberikan penilaian sekaligus catatan-catatan bagi tujuh tatanan indikator Kota Sehat Parepare.

Secara umum, Ketua Tim Verifikasi Nasional Nevy Rinda Nugraini banyak memberikan catatan positif terhadap penyelenggaraan Kota Sehat Parepare, terutama berbagai inovasi yang menjadi nilai tambah.

Inovasi yang dinilainya positif di antaranya Callnak Centre. Callnak Centre merupakan pelayanan aduan dan respons cepat peternakan dan kesehatan hewan terpadu di Parepare. Callnak masuk dalam indikator ketahanan pangan dan gizi. Kemudian wisata pesisir Sungai Karajae di kawasan Tonrangeng River Side. Ini masuk dalam indikator Kawasan Pariwisata Sehat.

Neny menilai Kebun Raya Jompie, hutan kota alami Parepare, tidak kalah dengan Kebun Raya Bogor, Jawa Barta. Kebun Raya Jompie masuk dalam tatanan Pariwisata Sehat dan Sarana Prasarana Umum Sehat.

Dia juga mengapresiasi Sekolah Adiwiyata SMPN 2 Parepare. Nevy menilai sangat positif sistem pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), bank sampah, dan penerapan protokol kesehatan di SMPN 2 Parepare. Namun demikian, Nevy juga memberikan beberapa catatan yang mesti menjadi perhatian seperti dokumen administrasi dan lainnya.

“Secara umum sudah bagus. Inovasi-inovasi yang dilakukan Kota Parepare untuk penyelenggaraan Kota Sehat sudah baik. Doakan agar Parepare mendapatkan Wistara (penghargaan Kota Sehat tertinggi) keempat kalinya,” kata Nevy perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4349 seconds (0.1#10.140)