Hari Pertama Kebun Binatang Surabaya Buka, 2.000 Pengunjung Langsung Menyerbu

Minggu, 03 Oktober 2021 - 19:02 WIB
loading...
Hari Pertama Kebun Binatang Surabaya Buka, 2.000 Pengunjung Langsung Menyerbu
Warga Surabaya dan sekitarnya langsung menyerbu KBS ketika kembali membuka operasionalnya setelah lama tutup karena COVID-19.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) mulai melakukan ujicoba beroperasinya Kebun Binatang Surabaya (KBS) , Minggu (3/10/2021). Pada uji coba hari pertama ini, PDTS mencatat ada 2000 pengunjung yang memanfaatkan akhir pekan di KBS, Minggu (3/10/2021).

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji bersama Direktur Utama (Dirut) PDTS KBS, Choirul Anwar menelusuri rute bersepeda di KBS dan melihat kondisi sejumlah Satwa. Mereka memastikan para pengunjung KBS mematuhi aturan dan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Suasana Menyeramkan Kampung 1001 Malam Perlahan Sirna, Lantunan Alquran Kini Menggema

"Hari ini Kebun Binatang Surabaya telah buka kembali dengan kapasitas 25 persen dari kondisi normal," kata Armuji.

Ia melanjutkan, pada uji coba pertama, ikon wisata Kota Surabaya tersebut juga menyediakan tempat vaksinasi sebanyak 1000 dosis. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi pengunjung baik warga KTP Surabaya atau luar kota.

"Kebun Binatang Surabaya juga telah menyiapkan 85 Satgas Mandiri COVID-19, sehingga nanti dapat mengingatkan warga agar terus mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Humas PDTS KBS, Agus Supangat menjelaskan, selama uji coba ini pihaknya membatasi maksimal kuota kunjungan per harinya 5000 wisatawan. Ini sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenparekraf yang menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas.

"Pembatasan 25 persen dari kapasitas normal. Jadi kita sediakan 5000 kuota per harinya. Ini kita bagi sesi-sesi, kalau terlalu padat, nunggu yang lainnya keluar. Jadi kita juga lihat kondisi di dalam," kata Agus.

Agus mengungkapkan, pada uji coba hari pertama, ada sekitar 2000 masyarakat yang berwisata ke KBS. Jumlah wisatawan ini sudah termasuk dengan pengunjung yang memanfaatkan gowes akhir pekan di KBS mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB. "Hari ini (pengunjung) hampir mendekati 2000. Itu termasuk dengan pengunjung gowes. Jadi satu hari itu dibatasi 5000 pengunjung," ungkapnya.

Baca juga: Asyik Renang Bareng Pacar di Bali, Turis Jerman Nyaris Celaka Dihantam Ombak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)