Taufik Hidayat dan Lilis Karubaga Pembawa Kirab Api PON XX Papua

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 07:03 WIB
loading...
Taufik Hidayat dan Lilis Karubaga Pembawa Kirab Api PON XX Papua
Dua atlit nasional yakni Taufik Hidayat sebagai atlit Badminton dan Lilis Karubaga sebagai atlit pencak silat asal Papua Barat, dipercayakan membawa api PON dari Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura. Foto SINDOnews
A A A
SENTANI - Dua atlit nasional yakni Taufik Hidayat sebagai atlit Badminton dan Lilis Karubaga sebagai atlit pencak silat asal Papua Barat, dipercayakan membawa api PON dari Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura.

Kirab Api PON XX Papua Tahun 2021 diberangkatkan dari Klamono dan tiba di Kabupaten Jayapura, Jumat (1/10/2021) sore kemarin. Penyambutan dilakukan dengan tarian adat dan upacara. Dan prosesi penyambutan dilakukan di Lapangan Telaga Maya Sentani Timur.

Selaku inspektur upacara adalah Sekda Kabupaten Jayapura, Hana. S Hikoyabi dan diikuti oleh seratusan athlet PON dan mantan atlit Kabupaten Jayapura. Dalam sambutannya, Hana mengatakan Kabupaten Jayapura siap menyelenggarakan PON Papua yang aman dan damai serta sukses prestasi dan penyelenggaraan.

"Puji syukur Api PON Papua sudah tiba di Kabupaten Jayapura. Dan kami siap menyelenggarakan PON Papua dan sukses prestasi, penyelenggaraan dan administrasi," katanya.

Sementara, mewakili PB PON Provinsi Papua, Carolus Bolly dalam kesempatan yang sama, menyampaikan perjalanan kirab Api PON Papua dari Kampung Maladuk Klamono hingga Kabupaten Jayapura.

"Waktu Api kami ambil, kepala Distrik dan Bupati Sorong tidak bisa berkata-kata, sampai di Sorong, Walikota juga tidak bisa berkata-kata, mereka menangis haru. Mereka baru merasakan baru kali ini dalam pelaksanaan PON di Indonesia apinya diambil dai perut bumi Papua langsung,"kata Carolus

Dikatakan, Api PON melewati seluruh wilayah adat di Papua. Kota sorong dan Kabupaten sudah mewakilo Domberai dan Bomberay, Seireri, dan Anim Ha serta Tabi. "Api PON ini melewati lima wilayah adat di Papua. Kota dan Kabupaten Jayapura ini adalah wilayah ke-8, tempat dilaksanakan PON di wilayah Tabi," ucapnya.

Dikatakan, tungku api PON ada di tiga lokasi, yakni di Gedung Negara, di Kota Jayapura dan Kantor Bupati Jayapura. Api PON Papua mengukir sejarah bagi orang Papua.

"Jadi nanti yang dibawa untuk pembukaan adalah obor api PON. Dan yang di sini di Gedung Negara, Kota, dan Kabupaten Jayapura adalah tungkunya. Perjalanan Api PON ini adalah sejarah. Karena melewati perjalanan udara sejauh 3.367 km, 1.915 km jalan darat dan besok (hari ini) melakukan momentum dan untuk pertama kalinya api PON akan dikirab melalui jalur danau sepanjang sekitar 20 km," jelasnya.

"Tungku dan lentera akan menjadi milik Kabupaten Jayapura dan harap dijaga dengan baik. Menjadi sejarah dan anak cucu dan sebagai sejarah pernah ada api PON Papua. Maka jaga dan jadikan ini sebagai tonggak sejarah kita," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)