348 Wisudawan Poltekbang Surabaya Resmi Jadi Perwira Transportasi

Rabu, 29 September 2021 - 20:15 WIB
loading...
348 Wisudawan Poltekbang Surabaya Resmi Jadi Perwira Transportasi
Sebanyak 348 wisudawan Politeknik Penerbangan Surabaya mengikuti Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan Tahun 2021, Rabu (29/09/2021).Foto/ist
A A A
SURABAYA - Sebanyak 348 wisudawan Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya mengikuti Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan Tahun 2021, Rabu (29/09/2021).

Pelantikan digelar offline dan virtual yang diikuti 3.190 perwira transportasi di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Tangerang. Pelaksanaannya hanya diikuti perwakilan perwira yang dikirimkan oleh 27 sekolah tinggi UPT BPSDMP Kemenhub, baik dari matra darat, laut, udara dan kereta api. Mereka yang hadir di Curug dilantik langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Istri Bos Kapal Api Laporkan 4 Direksi PT Kahayan Karyacon dalam Kasus Pencucian Uang ke Polisi

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pelantikan perwira trsnportasi ini sebagai awal langkah pengabdian tanpa henti untuk bangsa dan negara. Pelantikan ini merupakan momen sakral taruna/taruni mengucapkan ikrar janji bakti para lulusan untuk mengabdi dan membangun transportasi di Indonesia.

“Harapannya seluruh para perwira transportasi yang dilantik hari ini jadi ‘agent of change’ transportasi yang mampu mempersatukan dan dapat menciptakan transportasi di Indonesia,” ujar Budi Karya.

Sementara itu, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo terkait pembangunan non fisik atau pembangunan SDM merupakan faktor penting yang harus dibangun untuk menjadikan Indonesia negara yang maju, berdaulat dan lima besar negara dunia sesuai visi Indonesia Emas Tahun 2045.

Baca juga: Usai Nonton Bola di TV, Warga Blitar Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Kemenhub secara konsisten melaksanakan pembangunan SDM bidang transportasi melalui 27 lembaga pendidikan darat, laut, udara dan kereta api yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan mulai tahun ini kalian yang lulus bisa menempuh pendidikan S2 yang dilakukan mandiri oleh BPSDM Perhubungan yang juga bekerjasama dengan UI, ITB, UGM, ITS dan juga bekerjasama dengan universitas di Inggris, Denmark dan lainnya dengan double degree,” ungkapnya.

Menhub menegaskan, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan transportasi perhubungan memiliki tujuan mencetak perwira trasportasi dengan ‘knowledge, skill dan attitude’ yang berorientasi pada layanan transportasi berkeselamatan, berkeamanan dan humanis. Juga berpedoman pada peraturan nasional dan internasional yang berlaku.

Melalui program pendidikan di sektor transportasi ini, lanjut dia, Kemenhub mengupayakan terwujudnya keterhubungan dan kesesuaian ‘link and match’.

Direktur Poltekbang Surabaya M Andra Aditiawarman mengatakan, khusus untuk Poltekbang Surabaya meluluskan 348 wisudawan. Dan yang dikirim dalam pelantikan secara langsung di PPI Curug sebanyak 21 wisudawan. Dari jumlah itu ada sebanyak 120 orang yang masuk dalam Program Pola Pembibitan dan mereka akan menjadi calon ASN Kemenhub.

Ia berharap para anak didik yang telah lulus ini bisa meniti karir di dunia transportasi nasional maupun internasional. “Dengan adanya suasana pandemi yang semakin baik, kita harapkan industri penerbangan juga semakin baik dan bangkit sehingga anak didik kita yang baru lulus ini bisa ikut berkontribusi di dunia penerbangan,” pungkas Andra.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)