4.356 Orang Ikut Seleksi PPPK untuk Merebut 2.987 Formasi Guru di Bandung

Senin, 27 September 2021 - 14:36 WIB
loading...
4.356 Orang Ikut Seleksi PPPK untuk Merebut 2.987 Formasi Guru di Bandung
Wali Kota Bandung memantau seleksi CASN dan PPPK di Arcamanik Spot Center. Foto/SINDONews/Arief Budianto
A A A
BANDUNG - Sebanyak 4.356 peserta mengikuti proses seleksi PPPK untuk formasi guru di Kota Bandung sebanyak 2.987 orang. Kota Bandung juga melakukan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk 488 orang.

"PPPK guru 2.978 formasi, yang melamar 4.356 orang. Ini sudah berjalan, koordinasi antara Kemendikbud dengan Dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Kota Bandung," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bandung, Adi Junjunan, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Malu Kepergok Berduaan di Kamar, Janda Muda di Sukabumi Gantung Diri

Adi memastikan, dalam pelaksanaan seleksi ini tidsk ada joki ataupun kecurangan. Pasalnya, dengan persyaratan dan pendaftaran yang baik menggunakan sistem yang akuntabel.

"Jadi ketika registrasi akhir itu peserta wajib membuka masker. Ada kamera yang menangkap wajah. Ini sistem untuk mengambil foto wajah ketika sudah mengupload dalam dokumen pelamaran. Itu dicocokan wajahnya," kata Adi.

Perlu diketahui, ada beberapa persyaratan yang menjadikan pelamar tidak lolos administrasi seperti PPPK syaratnya wajib pengalaman kerja 3 tahun. Sementara untuk CASN itu banyak yang tidak lolos dalam kualifikasi pendidikan.

"Salah satu syarat lulus administrasi PPPK itu pengalaman kerja 3 tahun. Ini kalau di instansi pemerintah pengalaman kerja diketahui dan ditandatangani oleh eselon ll. Kalau kerja di Dinkes, itu diketahui oleh kepala dinasnya. Rata rata banyak yang tidak terpenuhi itu," ujarnya.

Dia mengingatkan, peserta jangan percaya jika oknum yang mengiming-imingi dapat lolos dengan membayar. Karena pelaksanaan ini tidak dipungut biaya serta transparan. "Jangan percaya siapapun jika ada yang menjanjikan," tegasnya.

Baca juga: Bupati dan Wabup Karawang Beli Mobil Dinas Baru Rp2 Miliar saat Pandemi COVID-19, DPRD: Mereka Tak Punya Kepekaan

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Regional lll BKN Kota Bandung, Tauhid Jatmiko menyampaikan, seleksi ini dirancang untuk cepat dan akuntabel serta transparan. "Ini dirancang cepat, akuntabel dan transparan," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8991 seconds (0.1#10.140)