Ridwan Kamil Usulkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Mochtar Kusumaatmadja

Minggu, 26 September 2021 - 05:17 WIB
loading...
A A A
"Beliau adalah Rektor Unpad tinggal di Bandung menjadi Menteri Kehakiman, Menteri Luar Negeri dan melobi dunia agar mengakui Wawasan Nusantara," katanya.

Mengenai usulan ini, Dinas Sosial Provinsi Jabar bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jabar telah bersurat kepada keluarga almarhum, menyatakan niat dan inisiatif mengusulkan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional. Sebab, sudah 13 tahun tak ada tokoh Jabar yang diberi gelar pahlawan nasional.

Pihak keluarga pun menyambut baik dan pada 7 September 2021 TP2GD Provinsi Jabar mengunjungi kediaman almarhum di bilangan Belitung III, Jakarta untuk menggali informasi, foto-foto, serta dokumen terkait beliau sebagai syarat pengajuan pahlawan nasional.

Diketahui, Mochtar Kusumaatmadja lahir di Batavia (Jakarta) 17 Februari 1929 dan wafat 6 Juni 2021 pada usia 92 tahun. Beliau wafat di kediamannya karena penyakit sepuh di tengah keterbatasan petugas medis karena tengah fokus melawan COVID-19 yang kala itu sedang mengganas.

Namun, dari keterangan keluarga, wasiatnya adalah beliau tidak mau meninggal di rumah sakit, tapi di rumah saja dan takdir pun berkata demikian. Meskipun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, namun gelar pahlawan untuk almarhum hingga kini masih diperjuangkan.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)