Dinas Pendidikan Salatiga Terapkan PPDB Online

Senin, 01 Juni 2020 - 16:30 WIB
loading...
Dinas Pendidikan Salatiga Terapkan PPDB Online
Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati. Foto/SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SALATIGA - Penerimaan peserta didik baru (PPDP) tingkat SD dan SMP di Salatiga dilaksanakan dengan sistem online. Ini dilakukan karena persebaran virus Corona (COVID-19) di Salatiga belum menurun.

Bahkan sejak Maret 2020 lalu, kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan dan diganti dengan belajar di rumah dengan sistem online. Begitu pula dengan tes dan ujian sekolah pun dilaksanakan secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati mengatakan, meski di tahun ajaran baru, pandemi COVID-19 belum mereda, maka agenda PPDB tahun ajaran 2020/2021 tetap berjalan sesuai jadwal yaitu di awal Mei lalu. Hanya dilakukan dengan sistem online. ( )

"Tahun berbeda dengan tahun lalu. PPDB kami laksanakan secara online. Persyaratan seperti ijazah dikirim via online," katanya, Senin (1/6/2020).

Dia menjelaskan, PPDB sudah selesai dengan memakai sistem luring (luar jaringan) untuk TK dan sistem dalam jaringan (daring/online) untuk SDN dan SMPN. Jalur yang digunakan sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 020.

"Ada empat jalur, yaitu jalur zonasi dengan radius atau jarak, jalur afirmasi untuk siswa kurang mampu, jalur perpindahan orang tua dan jalur prestasi," katanya.

Adapun kuota SDN sebanyak 28 siswa sedangkan untuk SD regrup sebanyak 56 siswa. Sedangkan untuk kuota siswa SMPN sebanyak 240 siswa, untuk delapan rombongan belajar (8 kelas).

Terkait dengan tahun ajaran baru, Yuni mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari Kemendikbud karena keputusan ada di pusat. "Namun untuk libur akhir semester sampai 11 Juli," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6076 seconds (0.1#10.140)