Video Penganiayaan Napi Viral, Kamar Lapas Tanjung Gusta Medan Dirazia

Selasa, 21 September 2021 - 08:33 WIB
loading...
Video Penganiayaan Napi Viral, Kamar Lapas Tanjung Gusta Medan Dirazia
Sejumlah kamar warga binaan di Lapas Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, dirazia petugas untuk mengantisipasi keributan. Foto/iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution
A A A
MEDAN - Belasan petugas Lapas Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, menggeledah sejumlah kamar warga binaan. Langkah ini dilakukan, sebagai antisipasi tindak kekerasan susulan, pasca terjadinya dugaan penganiayaan.



Kasus dugaan penganiayaan tersebut viral di media sosial, setelah videonya tersebar kemana-mana. Penggeledahan yang dilakukan petugas lapas dilakukan di Blok T-5, tempat napi S yang terekam dalam video viral itu.



Kepala Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Erwedi Supriyatno mengatakan, penggeledahan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya keributan antara napi dengan sipir, maupun perselisihan sesama napi.



"Dari hasil razia yang dilakukan, petugas tidak mendapatkan benda-benda terlarang di dalam kamar para napi. Komunikasi intensif antara sipir dan warga binaan terus dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya aksi kekerasan," tuturnya.

Video dugaan penganiayaan oleh sipir terhadap warga binaan di lapas, pungli puluhan juta rupiah, hingga bebasnya penggunaan ponsel di dalam lapas oleh warga binaan beredar luas di media sosial, hingga menjadi viral.



Erwedi Supriyatno menyebutkan, Lapas Tanjung Gusta Medan, dihuni 3.200 lebih warga binaan. Sementara kapasitas sebenarnya hanya mampu menampung 1.500 orang, yang dibagi dalam enam blok hunian.

Di Lapas Tanjung Gusta Medan, terdapat 44 terpidana mati, serta 166 terpidana seumur hidup. Ironisnya, kelebihan kapasitas penghuni lapas ini hanya dijaga oleh 24 sipir/hari. Atau setara satu sipir harus menangani 135 warga binaan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)