Ini Rute Api Obor PON pada 2 Oktober untuk Klaster Kabupaten Jayapura

Sabtu, 18 September 2021 - 19:28 WIB
loading...
Ini Rute Api Obor PON pada 2 Oktober untuk Klaster Kabupaten Jayapura
Koordinator Bidang Upacara Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Eqberth C. Kopeuw.
A A A
SENTANI - Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura pada 1 Oktober 2021 sekitar pukul 08.00 WIT. Jika tidak ada halangan kirab api PON untuk Klaster Kabupaten Jayapura akan dimulai pada 2 Oktober 2021.

"Rute yang akan dilalui mulai dari Pantai Patouw, Distrik Waibhu, dan akan diarak sampai tiba di kawasan wisata Pantai Khalkote, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, dengan melalui wilayah Danau Sentani, di bagian barat wilayah Waibhu, Sentani bagian tengah dan timur," kata Koordinator Bidang Upacara Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Eqberth C. Kopeuw.

Sebelum dikirab di Danau Sentani, obor api PON ini terlebih dahulu akan diarak ke Kota Jayapura mulai 1 Oktober 2021 sesaat setelah tiba di Bandara Sentani. "Api obor PON tiba di Bandara Sentani tanggal 1 Oktober, jam 8 pagi. Kita di sini, ketua umum Sub PB PON Kabupaten Jayapura akan menerimanya, kemudian langsung di arak ke Kota Jayapura. Api obor PON di Kota Jayapura selama 6 sampai 7 jam, itu akan diiringi dengan kegiatan festival," tuturnya di Sentani, Kamis (1/9/2021).

Pada 1 Oktober, sore harinya api akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, tepatnya di batas kota Lapangan Telaga Maya.

Arak-arakan api obor PON XX melalui jalur danau ini sangat istimewa karena baru pertama kali sepanjang sejarah kirab api PON melalui jalur danau. "Dari 19 kali PON yang sudah dilaksanakan sebagian besar kirab api PON ini melalui jalur darat. Kirab api PON ini berbasis budaya, karena itu kirab api PON ini juga akan di warnai dengan upacara tarian Isosolo, sebuah tarian khas Papua yang dimiliki oleh warga lokal yang tinggal di kawasan pesisir Danau Sentani," katanya.

Api PON ini akan dibawa dengan menggunakan speedboat kecil yang sudah dirancang oleh panitia sehingga dilihat oleh masyarakat. Ada sekitar 20 speedboat dan kapal pengangkut yang sudah disiapkan oleh panitia untuk mengantar rombongan dan juga masyarakat yang ikut terlibat di dalam kegiatan kirab api obor PON di Danau Sentani. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)