Tingkatkan Hasil Pertanian, Kelompok Tani di TTU Dapat Bantuan Alsintan

Sabtu, 18 September 2021 - 13:39 WIB
loading...
Tingkatkan Hasil Pertanian, Kelompok Tani di TTU Dapat Bantuan Alsintan
Kelompok tani di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) NTT mendapat bantuan sejumlah alat mesin pertanian (alsintan) dari Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan. Foto SINDOnews
A A A
KEFAMENANU - Kelompok tani di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) NTT mendapat bantuan sejumlah alat mesin pertanian (alsintan) dari Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema). Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian mereka.

Penyerahan alsintan untuk kelompok tani tersebut berlangsung di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten TTU, Jumat, 17/09/2021. Redemtus Kono, selaku tenaga ahli yang mewakili proses penyerahan alsintan tersebut, kepada para kelompok tani menjelaskan bahwa jenis alsintan yang diserahkan untuk petani terdiri dari alsintan prapanen.

Alsintan prapanen ini berupa traktor roda 4 sebanyak 1 unit, traktor roda 2 sebanyak 12 unit, mesin cultivator sebanyak 4 unit dan mesin pompa air sebanyak 6 unit. Sedangkan alsintan pascapanen terdiri dari corn sheler sebanyak 3 unit dan power trehsher multiguna 1 unit.

"Jadi hari ini kita serahkan alsintan kepada kelompok tani dari bapak Ansy Lema. Bantuan ini merupakan hasil perjuangan aspirasi dari bapak Ansy Lema yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Kementrian Pertanian RI," pungkas Redem.

Redem menyampaikan pesan Ansy Lema bahwa pertanian sekarang sudah berada pada era teknologisasi pertanian atau pertanian modern yang membutuhkan mesin-mesin pendukung.

"Semoga yang sudah mendapt bantuan mesin pertanian ini dapaat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil pertanian baik prapanen maupun pascapanen, karena wilayah TTU memiliki potensi baik lahan basah maupun lahan kering," ujar Redem.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian TTU, Gregorius Ratrigis mengatakan bahwa hampir seluruh kelompok tani yang ada di TTU mendapatkan bantuan alsintan tersebut.

"Mereka yang menerima alsintan itu sudah tergabung dalam kelompok tani. Kelompok tani juga sudah terferifikasi di Kementrian Pertanian," terang Ratrigis.

Goris mengakui sejak dua tahun terakhir, Dinas Pertanian terbantu dengan kepedulian dari para legislator yang duduk di kursi DPR RI. "Bapak Ansy Lema maupun dari bapak Edu Tanur, mereka membantu alat pertanian yang sama demi masyarakat TTU," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)