ASN Harus Responsif, Bupati Sumedang Dorong Standar Layanan Seperti Perusahaan

Rabu, 15 September 2021 - 11:01 WIB
loading...
ASN Harus Responsif, Bupati Sumedang Dorong Standar Layanan Seperti Perusahaan
Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir meminta agar standar pelayanan aparatur sipil negara (ASN) mengadopsi layanan perusahaan, dengan standar target dan hasil yang jelas. SINDOnews/Arif
A A A
SUMEDANG - Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir meminta agar standar pelayanan aparatur sipil negara (ASN) mengadopsi layanan perusahaan, dengan standar target dan hasil yang jelas.

"Saat ini kami sedang mengembangkan atmosfer layanan ASN yang lebih responsif. Di mana standar pelayanan seperti perusahaan. Ada target dan hasil yang jelas sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik," jelas Dony.

Menurut dia, untuk meningkatkan standar layanan ASN, perlu upaya konkret meningkatkan kompetensi aparatur sipil. Untuk mewujudkannya, Sumedang bekerjasama dengan beberapa institusi pengembangan sumber daya manusia.

Terakhir, pihaknya menggandeng bjb University untuk pengembangan ASN di Kabupaten Sumedang. Kerja sama keduanya dilakukan melalui penandatangan MoU di Gedung Negara Sumedang pada Selasa (14/9/2021).

Penandatangan Kesepakatan Bersama (MoU) dilakukan antara Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dengan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi.

Sedangkan untuk hal yang bersifat teknis melalui Perjanjian Kerja sama yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang Drs. Endi Ruslan dengan Pemimpin bjb University Agus Supriyatna.

Doni berharap, melalui kerja sama pengembangan SDM ini, ASN di Pemkab Sumedang bisa responsif dan profesional dalam melayani masyarakat. ASN akan menambah pengetahuan dan pengalaman sehingga mereka memiliki competitive advantage atau nilai keunggulan dalam bersaing khususnya dalam menghadapi globalisasi.

Menurut dia, dalam mengembangkan Sumedang, pihaknya berdasar pada fondasi agama, budaya, teknologi. Kemudian pola kolaboratif yaitu Pentahelix dengan mensinergikan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

"Itu menjadi panduan bagi kami untuk bekerja. Kolaborasi antara bjb dan Pemkab Sumedang adalah kolaborasi pentahelix antara sektor bisnis bekerja sama dengan pemerintahan dalam meningkatkan kompetensi ASN dengan pendekatan pola corporate university dan pelatihan berbagai digital,” tandasnya.

Sementara itu Dirut bank bjb Yuddy Renaldi menjelaskan, bank bjb selalu komitmen dalam menjaga kepercayaan dari segenap shareholder dan seluruh pemangku kepentingan. Maka bank bjb senantiasa terus berbenah dan memperbaiki kualitas pelayanan dari waktu ke waktu. Baca: Penampakan Pesawat Rimbun Air Sebelum Jatuh dalam Wilayah OPM di Intan Jaya Papua.

“Dalam cakupan internal, peningkatan kualitas human capital merupakan concern utama kami yang diimplementasikan dengan bekerja sama dan berkolaborasi bersama dengan bjb university sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan, pendidikan, dan pengembangan kualitas seluruh insan bank bjb,” jelas Yuddy.

Yuddy berpesan agar pengembangan kompetensi ASN Kabupaten Sumedang dijalani sebaik mungkin agar ASN Kabupaten Sumedang memiliki peningkatan kompetensi yang memadai dan dapat menjadi agent atau role model atas kompetensi yang dimilikinya, pada unit kerja penempatan masing-masing.

“Kita sama-sama berharap peningkatan serta pengembangan kompetensi ASN akan mampu mendukung kualitas pelayanan kepada masyarakat, yang akhirnya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. Baca Juga: Detik-Detik Rimbun Air Hilang, Pesawat Naik Lagi Lalu Terdengar Suara Sangat Keras.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pengembangan kompetensi memperoleh kompetensi teknis dan atau kompetensi sosial kultural yang dilaksanakan melalui kegiatan klasikal, kegiatan non-klasikal seperti benchmarking, role play, workshop, dan observasi, serta kegiatan pengembangan kompetensi lainnya yang disepakati.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)