Awas! Mayoritas Wilayah Kecamatan di Banten Rawan Banjir

Selasa, 14 September 2021 - 18:07 WIB
loading...
Awas! Mayoritas Wilayah Kecamatan di Banten Rawan Banjir
semua wilayah di Provinsi Banten rawan bencana banjir. Salah satu penyebabnya adalah alih fungsi lahan dan penebangan hutan di hulu sungai.Foto/ilustrasi
A A A
SERANG - Musim hujan tiba, semua wilayah di Provinsi Banten rawan bencana banjir. Salah satu penyebabnya adalah alih fungsi lahan dan penebangan hutan di hulu sungai.

Kepala BPBD Banten Nana Suryana mengatakan, potensi bencana banjir hampir di semua kabupaten/kota di Banten. Sedangkan untuk bencana longsor potensinya lebih banyak terjadi di Lebak, Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Baca juga: Memilukan! Petani Meninggal Terseret Banjir di Rangkasbitung saat Selamatkan Hasil Panen

Menurut Nana, banjir di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, saat ini disebabkan buruknya drainase. Hal ini juga banyaknya perubahan alihfungsi lahan, seperti sempadan kali yang dibangun rumah dan bangunan lainya, serta drainase yang kurang lancar akibat sampah. "Karena ini kawasan perkotaan, sudah banyak permukiman warga, ini akibat drainase yang kurang lancar, " paparnya.

Sementara itu, untuk banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang hal ini diduga akibat gundulnya hutan di hulu sungai. "Banjir yang terjadi di Lebak biasanya cepat surut, berbeda dengan di Tangerang itu bisa satu minggu," kata dia.

Baca juga: Hilang 3 Hari di Pantai Dream Land Bali, Guru asal Surabaya Ditemukan Tewas

Menurut Nana, BPBD Banten sudah melakukan pengiriman bantuan yang disampaikan melalui BPBD Pandeglang, yakni tenda gulung 15 lembar, perlengkapan balita 15 paket, selimut 40 lembar, perlengkapan kebersihan 10 paket, matras 17 lembar, minyak goreng 60 liter.

Diketahui dari 155 yang ada di Banten, sebanyak 125 kecamatan dinyatakan rawan bencana banjir. Rincian wilayah yang rawan banjir yang berada di 8 kabupaten/kota di Banten itu, Kabupaten Tangerang sebanyak 22 kecamatan; Kabupaten Serang 19 kecamatan; Pandeglang 20 kecamatan, dan Lebak 28 kecamatan.

Selanjutnya, untuk di Kota Tangerang sebanyak 13 kecamatan; Kota Cilegon sebanyak 7 kecamatan; Kota Serang 3 kecamatan, dan Kota Tangerang Selatan 13 kecamatan. “Data yang kami gunakan data kerawanan bencana dari 2015-2020 dari BNPB, dan ini petanya belum berubah," ujar dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)