Bisa Timbulkan Gempa Bumi Kapan Saja, Ini Enam Sesar Aktif di Jawa Barat

Minggu, 05 September 2021 - 11:54 WIB
loading...
Bisa Timbulkan Gempa Bumi Kapan Saja, Ini Enam Sesar Aktif di Jawa Barat
Tampak peta enam sesar aktif di Jawa Barat. (Ist)
A A A
BANDUNG - Kendati alam Jawa Barat sangat eksotik dengan banyak gunung dan dataran tingginya, namun dibalik itu kawasan ini memiliki potensi bencana gempa bumi yang kapan saja bisa terjadi. Tercatat, setidaknya ada enam sesar aktif di Jawa Barat yang hingga kini diprediksi masih terus bergerak.

Keenam sesar atau patahan itu adalah Sesar Cimandiri, Sesar Baribis, Sesar Cipamingkis, Sesar Garsela, Sesar Citarik, dan Sesar Lembang. Keenam sesar tersebut diduga masih aktif

hingga sekarang. Dengan mengetahui enam sesar ini, diharapkan mitigasi kita akan gempa bumi akan semakin tinggi. "Walaupun seluruh sesar tersebut berperan dalam sejarah tektonik di

Jawa Barat, namun hingga saat ini penjelasan mengenai mekanisme pembentukan struktur sesarnya masih belum jelas," kata Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu.

Berikut ini penjelasan enam sesar di Jabar sebagaimana keterangan BMKG Bandung.

1. Sesar Cimandiri

Sesar Cimandiri merupakan sesar paling tua (umur Kapur), membentang mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu menerus ke timur melalui Lembah Cimandiri, Cipatat-Rajamandala, Gunung Tangguban Parahu – Burangrang dan diduga menerus ke timur laut menuju Subang.

Secara keseluruhan, jalur sesar ini berarah timur laut –barat daya dengan jenis sesar mendatar hingga oblique (miring). Aktivitas sesar ini ditunjukkan dengan terjadinya gempa bumi yang cukup signifikan yaitu tahun pada 1910 di Padalarang, tahun 1982 di Cianjur, Rajamandala, dan tahun 1844 di wilayah Cianjur.

2. Sesar Baribis

Sesar Baribis merupakan sesar utama di utara Jawa Barat. Dari hasil penafsiran foto udara dan citra landsat, diketahui di bagian utara dijumpai adanya kelurusan regional yang arahnya barat laut tenggara. Arah kelurusan ini selanjutnya menerus ke arah tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)