Ratusan Warga Daerah Terpencil Kena Dampak Banjir Bandang Kampar

Jum'at, 03 September 2021 - 22:54 WIB
loading...
Ratusan Warga Daerah Terpencil Kena Dampak Banjir Bandang Kampar
Ratusan warga Desa Ludai, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau terkena dampak banjir bandang. Foto/Ist
A A A
KAMPAR - Banjir bandang yang melanda wilayah Desa Ludai, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau mengakibatkan ratusan warga terdampak.

Kepada Pusat Pengendalian Informasi dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar, Adi Chandra menjelaskan, sedikitnya 450 jiwa terdampak banjir bandang.

Baca juga: 5.607 Rumah Warga di 11 Kecamatan di Kabupaten Wajo Terendam Banjir Bandang

Selain itu sebanyak 20 unit rumah, satu unit sekolah, satu bangunan musola, dan sejumlah fasilitas umum rusak akibat diterjang banjir berlumpur tersebut."Namun alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," kata Adi Candra Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Satgas Nemangkawi Temukan Penyimpanan Senjata Api KKB Kelompok Gigen Telenggeng

Saat ini para korban banjir sudah ditempatkan di lokasi yang layak. Namun demikian warga yang rumahnya hantaman banjir bandang membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Hal yang dibutuhkan warga saat ini adalah makanan.

Bantuan itu menjadi kebutuhan penting karena Ludai merupakan sebuah desa yang terletak jauh di hulu Sungai Subayang.

Akses sungai menjadi satu-satunya jalur tranportasi menuju desa. Untuk menuju desa itu harus menyusuri Sungai Kampar selama lebih dari 3 jam lamanya dari Desa terdekat, yakni Desa Gema.

Topografinya desa tersebut di kelilingi oleh perbukitan dan hutan. Sementara listrik yang hanya menyala dari pukul 6 sore hingga 10 malam.

Sementara bantuan mulai berdatangan hari ini. PT Perkebunan Nusantara(PTPN) V Pekanbaru mendatangi lokasi dan memberikan bantuan. Bantuan yang disalurkan merupakan kebutuhan pokok.

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah berjuang memulihkan keadaan pasca banjir di Desa Ludai," kata Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa.

Bantuan diserhakan perusahaan BUMN itu kepada pihak BPBD Kampar dan nantinya segara menyalurkan kepada ratusan warga yang terdampak banjir bandang. Bantuan sembako dalam bentuk beras, gula, minyak makan dan mi instan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3298 seconds (0.1#10.140)