Siapkan 133 Ribu Dosis, Awal September Sumsel Bakal Gunakan Vaksin Moderna

Senin, 30 Agustus 2021 - 12:58 WIB
loading...
Siapkan 133 Ribu Dosis, Awal September Sumsel Bakal Gunakan Vaksin Moderna
Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel menyiapkan lebih dari 133 ribu vaksin COVID-19 Moderna untuk masyarakat umum di 17 kabupaten dan kota di wilayah Sumsel. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan lebih dari 133 ribu vaksin COVID-19 Moderna untuk masyarakat umum di 17 kabupaten dan kota di wilayah Sumsel.

"Vaksin Moderna yang sebelumnya hanya digunakan sebagai vaksin dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan kini mulai disiapkan untuk masyarakat umum," ujar Kadinkes Sumsel, Lesty Nuraini, Senin (30/8/2021).

Menurutnya, vaksin Moderna untuk masyarakat umum tersebut saat ini dalam proses pendistribusi dari gudang di Palembang ke seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel. "Jika distribusi lancar, awal September nanti vaksinasi COVID-19 dengan vaksin Moderna untuk masyarakat umum bisa dimulai," ucap Lesty.

Lesty menjelaskan, pihaknya bersama Dinkes kabupaten/kota didukung tim kesehatan TNI/Polri terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi kepada semua lapisan masyarakat untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity dari penularan COVID-19.

"Untuk mendukung pelayanan vaksinasi kepada masyarakat agar berjalan lancar, kami juga mengupayakan stok vaksin COVID-19 tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing kabupaten/kota," lanjutnya.

Saat ini, kata Lesty, stok vaksin terus dipantau perkembangannya secara rutin untuk mencegah kehabisan stok. Dan jika memang telah habis maka akan diajukan permohonan permintaan tambahan stok ke Kementerian Kesehatan.

"Vaksinasi COVID-19 di Sumsel telah berjalan sejak 14 Januari 2021 menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Moderna dengan capaian 24,11 persen untuk dosis pertama dan 11,86 persen dosis kedua dari target 6,4 juta jiwa," jelasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)