Pembelajaran Daring Tak Optimal, Kepala Disdikbudpora: PTM Mendesak Diterapkan

Senin, 23 Agustus 2021 - 13:54 WIB
loading...
Pembelajaran Daring Tak Optimal, Kepala Disdikbudpora: PTM Mendesak Diterapkan
Sejumlah siswa SDIT Nurul Islam Tengaran, Kabupaten Semarang saat mengikuti PTM di kelas, Senin (23/8/2021). FOTO/MPI/ANGGA ROSA
A A A
SEMARANG - Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo menilai pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring tidak optimal dan jauh dari harapan karena banyak orangtua siswa bekerja ke luar daerah. Pembelajaran tatap muka mendesak diterapkan.

"PJJ selama ini kurang maksimal. Sebab banyak orang tua yang bekerja di luar daerah sehingga tidak bisa optimal dalam mendampingi anaknya belajar," katanya kepada wartawan saat meninjau pelaksanaan uji coba PTM terbatas di SMP 4 Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (23/8/2021)

Dia mengatakan, mulai hari ini Disdikbudpora menggelar uji coba PTM terbatas di sekolah pendidikan dasar. Uji coba dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri.

"Uji coba PTM kami lakukan setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun level dari 4 ke level 3," ujarnya.

Baca juga: Masuk Pusat Perbelanjaan di Majalengka Bebas, Syarat Sudah Vaksinasi Tak Digubris

Uji coba PTM diikuti 584 sekolah. Rinciannya, 52 SMP negeri, 49 SMP swasta, 455 SD negeri dan 28 SD swasta. Selama uji coba PTM, jumlah siswa dibatasi maksimal 50 persen dan setiap sekolah wajib membuat jadwal belajar mengajar sesuai ketentuan.

"Jadi tiap sekolah bisa membuat jadwal masuk siswanya. Dan jam pembelajaran maksimal hingga hingga pukul 11.00 WIB. Sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Sementara itu, Kepala SMP 4 Ungaran Tri Widodo mengatakan, dari keseluruhan fasilitas 24 kelas hanya sebagian digunakan dengan membagi jadwal masuk siswa selama PTM. Untuk kelas 8 dan 9,.seluruh peserta didik tetap mengikuti PJJ. Jika, kelas 7 sepenuhnya wajib mengikuti PTM meski demikian dari batasan yang diperbolehkan sekira 33,3 persen.

baca juga: Imbas Sekolah Online, Bale Seni Barli Tak Ada Kunjungan Setahun Lebih

"Sederhananya kami cuma membuka 16 kelas, kita bagi-bagi setiap kelas menjadi dua kelas. Setiap minggunya nanti kita evaluasi. Siswa yang mengikuti PTM juga mendapat izin orangtua," ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)