76 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Maumere

Senin, 16 Agustus 2021 - 05:10 WIB
loading...
76 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Maumere
Menyambut HUT ke-76 RI, komunitas penyelam di Maumere, NTT mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa di dasar laut. Foto/iNews TV/Joni Nura
A A A
SIKKA - Peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia, bukan hanya dilakukan di daratan saja. Para penyelam di Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, juga merayakannya dengan mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa di dasar laut.



Komunitas penyelam yang menamakan diri Maumere Diver Community (MDC), setiap tahun selalu memeriahkan perayaan HUT RI dengan mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa. Pengibaran bendera itu dilakukan disejumlah titik menyelam di sepanjang perairan Teluk Maumere.



Para peringatan HUT ke-76 RI , komunitas ini memilih sebuah spot menyelam di sekitar Pantai Kajuwulu yang terkenal dengan panorama bukit berlatar gugusan pulau di teluk maumere.



Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara tahun ini dibarengi atraksi tenun bendera yang diperagakan istri Bupati Sikka. Selain itu, bendera raksasa juga diarak dari Bukit Kajuwulu, menuju pantai guna dibentangkan para penyelam di dasar laut.

Ketua Panitia, Susanti Florence Mandona menjelaskan, bendera yang dibentangkan ini berukuran 10 x 4 meter. "Ada sebanyak 10 orang snorkeling, dan 20 penyelam yang bertugas membentangkan bendera raksasa di dasar laut," tuturnya.

76 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Maumere


Pantai dan Bukit Kajuwulu dipilih dalam upacara kali ini, karena menurutnya kegiatan ini sekaligus bertujuan mempromosikan tempat wisata ini, baik panorama bukit maupun keindahan bawah lautnya.



Setiap tahun, lokasi ini selalu terjadi kebakaran hutan, sementara lautnya dibom oleh orang-orang tak bertanggung jawab, sehingga karang-karang menjadi rusak. Dengan kegiatan ini, diharapkan Pemkab Sikka semakin memperhatikan dan menata lokasi wisata tersebut, sehingga bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sikka.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)