Desa Klis Dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik)

Kamis, 12 Agustus 2021 - 19:18 WIB
loading...
Desa Klis Dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik)
Desa Klis Dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik)
A A A
TIAKUR - Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi penyedia data-data statistik Nasional telah meluncurkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Program ini bertujuan untuk membina, membangun dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami tentang statistik.

Dalam program ini telah terpilih 100 desa dari 83.820 wilayah administrasi setingkat desa yang diseleksi oleh panitia nasional berdasarkan pelayanan umum dan keterbukaan informasi publik.

Desa tersebut akan didampingi BPS agar menjadi desa yang berdaya guna dan mampu mengembangkan desanya melalui data-data yang dimiliki. Salah satu desa yang terpilih menjadi Desa Cinta Statistik yakni Desa Klis, Kecamatan Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Pencanangan Desa Klis sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dilaksanakan pada Senin, (9/8/2021) yang dihadiri Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, Pimpinan OPD Terkait, Kepala BPS Kab. MBD, Forkopimcam, Kepala Desa Klis serta perangkat Desa Klis.

Kepala BPS Kab. MBD Barbalina Masela dalam laporannya menyampaikan, Desa Cinta statistik adalah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

Dengan peningkatan kompentensi diharapkan desa memiliki kemampuan dan ketrampilan antara lain mampu menjadikan statistik dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami, melakukan interpretasi output statistik yang dihasilkan, serta memelihara portal data di tingkat desa dan mampu membuat visualisasi data yang menarik dan informatif.

Desa klis adalah desa yang cukup tertata, namun masih sangat sederhana. Untuk itu perlu diberikan pembinaan secara sentral.

Tercatat program desa cantik ini merupakan salah satu program percepatan iklim mengakhiri reformasi birokrasi tahun 2021.

Sementara itu Bupati MBD dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Desa harus lebih memperhatikan data penduduk dengan baik, rencananya di tahun mendatang akan dibuka website untuk seluruh desa di MBD agar lebih mudah untuk merealisasikan MBD satu data.

“Saya berharap masyarakat desa Klis dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk dikelola dengan baik, seperti membuat dendeng kerbau atau apapun itu yang bisa memberikan keuntungan dan peningkatan kesejahteraan ekonomi, " ucap Bupati.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)