Vaksin Moderna Datang, Ribuan Nakes di Majalengka Segera Hadapi Vaksinasi Dosis 3

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 04:01 WIB
loading...
Vaksin Moderna Datang, Ribuan Nakes di Majalengka Segera Hadapi Vaksinasi Dosis 3
ilustrasi
A A A
MAJALENGKA - Ribuan Tenaga Kesehatan (nakes) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat segera menjalani vaksinasi dosis 3. Itu seiring dengan diterimanya ratusan pial vaksin moderna oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Majalengka pada Kamis (5/8/2021) malam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Majalengka Harizal Harahap mengatakan, dari ratusan pial vaksin moderna itu bisa digunakan untuk melakukan vaksinasi terhadap ribuan orang Nakes. Vaksinasi dosis 3 sendiri akan segera dilakukan begitu vaksin tiba.

“Ini untuk Nakes dosis ke tiga. Satu pial bisa untuk 14 dosis atau vaksin. Ada sekitar 3.206 orang Nakes yang bisa divaksin jenis moderna ini. Vaksinasi akan segera dilakukan,” kata Harizal, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Bupati Sumedang Jamin Hak Istimewa Anak Kehilangan Orang Tua karena COVID-19

Di Kabupaten Majalengka sendiri, terdapat 4293 orang Nakes yang tersebar di RS dan Puskesmas. Dari jumlah keseluruhan itu, sebagian Nakes tercatat belum menerima vaksin dosis dua.

“Karena kemarin-kemarin kan banyak Nakes yang terkonfirmasi positif. Jadi masih ada yang belum dosis dua. Begitu juga yang sudah dosis 2, setelah terkonfirmasi tidak bisa langsung dapat dosis 3, tunggu 3 bulan kan. Termasuk saya juga kan LC, lulusan Covid,” jelas dia bercanda.

Sementara, ada ‘perlakuan’ khusus yang diterapkan terhadap vaksin moderna ini. Suhu tempat penyimpanan vaksin, jelas dia, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan vaksin jenis itu.

“Penyimpanan vaksin moderna harus di suhu -26 celsius, jadi memang harus di freezer. Vaksin moderna itu pun bentuknya beku. Sehingga, ketika ingin diberikan harus dicairkan terlebih dahulu,” papar dia.

“Vaksin moderna juga tidak boleh kena guncangan, ketika sudah dibuka tidak boleh lebih dari 28 hari. Kalau sudah keluar dari boxnya, tidak boleh lebih dari 8 jam dan harus langsung dipakai, lanjut Harizal.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1159 seconds (10.101#12.26)