Bersama Masyarakat, Polres Majalengka Perkuat Ketahanan Pangan

Kamis, 28 Mei 2020 - 21:49 WIB
loading...
Bersama Masyarakat, Polres Majalengka Perkuat Ketahanan Pangan
Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso kunjungi Kemitraan Masyarakat Argapura, Majalengka. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dampak pandemi Covid-19 benar-benar dirasakan masyarakat. Apalagi new normal bakal segera diterapkan di beberapa wilayah, termasuk di Kabupaten Majalengka. Polres Majalengka pun membangun kemitraan dengan masyarakat untuk memperkuat ketahanan pangan.

“Menuju new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah situasi pandemi Covid-19, kami mengajak masyarakat tetap tangguh,” kata Bismo saat mengunjungi lokasi Ketahanan Pangan di Argapura, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020).

Dia juga menyebutkan, selain di Argapura ada beberapa wilayah di Kabupaten Majalengka yang diberdayakan. “Kami membangun kemitraan dengan masyarakat di beberapa wilayah di Kabupaten Majalengka, selanjutnya kami berdayakan untuk menghasilkan tanaman pangan,” tambahnya.

Menurutnya, berbagai tanaman pangan telah dibudidayakan. Mulai bawang, cabe, jeruk hingga sayur-sayuran seperti kangkung dan kol. Bahkan tanaman hias beragam jenis juga turut dibudidayakan.

“Untuk kemitraan ini, lahan kita siapkan. Termasuk bibit dan pupuknya. Namun jika ada masyarakat yang sekiranya memiliki lahan, bisa bekerja sama dengan Polres Majalengka,” terang Bismo.

Dia juga mengatakan, pihaknya merekrut masyarakat sekitar agar mempunyai penghasilan. “Untuk budidayanya, kita rekrut masyarakat sekitar. Kami ciptakan lapangan kerja sehingga menghasilkan uang dan dapat digunakan untuk menafkahi keluarganya,” katanya.

Hasil dari budidaya tersebut selain dibagikan ke masyarakat juga dijual keluar Kabupaten Majalengka, seperti di pasar Lembang. “Kami berharap masyarakat Majalengka tetap produktif dan aman di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, Polres Majalengka telah melakukan program budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik di lingkungan Polres dan Polsek Jajaran, dengan tetap melibatkan masyarakat di dalamnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)