Epidemiolog Beberkan Tempat Isolasi Ideal bagi Pasien Covid-19

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Tempat isolasi sebaiknya bisa lebih terbuka untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Tempat tertutup terutama dilengkapi AC hanya membuat udara berputar sehingga risiko cukup tinggi.

"Sebaiknya ada ventilasi terbuka. Misal ada jendela, kemudian itu pun kalau bisa pakai kipas angin, karena kalau AC itu, apalagi tertutup, itu bisa terputar-putar tidak keluar," ucapnya.

Selain itu aspek privasi juga perlu diperhatikan. Perlu ruangan tersendiri untuk masing-masing pasien. Hanya saja, kata dia, akan membutuhkan anggaran yang cukup tinggi. Ketersediaan obat-obatan hingga gizi bagi pasien juga wajib diperhatikan karena merupakan faktor penting dalam menambah imunitas.

Sementara itu, kalau pun terjadi percampuran dalam satu ruangan setiap pasien tetap wajib menggunakan masker. Hal ini lantaran adanya kekhawatiran perbedaan varian virus.

"Isoman yang bercampur sesama positif, masker harus tetap dikenakan. Karena kita tidak tau siapa yang punya kekuatan aktivasi virus, ini kan tidak ditau siapa yang varian delta siapa yang biasa. Dan kita imunitas berbeda saya kena varian biasa, kita Delta, itu saya sudah bisa bergejala (Delta). Jadi ini masalah tingkat keterpaparan, jangan bilang kita isoman karena sama positif dan tidak masker. Tingkat keterpaparan di kita itu berbeda-beda," pungkasnya.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)