Diduga Tak Sesuai Spesifikasi Teknis Proyek Jalan Kandang Roda-Pakansari Senilai Rp94 Miliar Disoal

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 05:30 WIB
loading...
Diduga Tak Sesuai Spesifikasi Teknis Proyek Jalan Kandang Roda-Pakansari Senilai Rp94 Miliar Disoal
Proyek peningkatan Jalan Kandang Roda -Pakansari di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang dilaksanakan PT Lambok Ulina senilai Rp94 miliar diduga tidak sesuai dengan tak sesuai spesifikasi teknis.
A A A
CIBINONG - Proyek peningkatan Jalan Kandang Roda-Pakansari di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang dilaksanakan PT Lambok Ulina senilai Rp94 miliar diduga tidak sesuai dengan tak sesuai spesifikasi teknis atau RAB. Hal ini nampak dari foto-foto yang beredar diantaranya adanya pekerjaan pembuatan lantai kerja untuk penempatan udit diduga dikerjakan saat air masih menggenangi dan diduga ada yang dilakukan tanpa pemadatan atau pengecoran lantainya.

Baca : Tender Proyek Jalan Tegar Beriman Disoal, Bukti Dugaan Penyelewengan Siap Dibeberkan


Direktur Lembaga Pemerhati Kebijakan Pemerintah (LPKP) Rahmatullah mengatakan, sebelumnya dirinya mendapat informasi kalau ada pengerjaan proyek peningkatan Jalan Kandang Roda -Pakansari yang diduga tidak sesuai spek/RAB.

"Setelah dilakukan pengecekan ada beberapa titik diantaranya ada yang diduga tidak dicor atau disemen terlebih dahulu namun langsung ditaruh uditnya," kata Rahmatullah.

Dengan begini, kata Rahmahtullah, bisa mempengaruhi kekuatan konstruksi itu sendiri. Karenanya mantan Ketua Forum Mahasiswa Bogor ini pun mengatakan, Dinas PUPR harus mengawasi dengan ketat mega proyek ini agar kualitas pengerjaannya sesuai dengan spesifikasi teknis yang ada.

"Dengan adanya temuan seperti ini harus ada tindakan nyata dari Dinas PUPR untuk menegur atau menyetop pekerjaan tersebut hingga kontraktor melakukan pekerjaanya sesuai spesifikasi teknis,"ungkap Rahmahtullah.

Sementara PPK Proyek Jalan Kandang Roda-Pakansari Aldino menyatakan, semua pekerjaan dilakukan sesuai dengan spesifikasi teknis.

"Kami ada pengawas dan dari dokumentasi pengawas semuanya menggunakan lantai kerja. Bisa dicek kok," kata Aldino.

Menurut dia, memang sebelumnya ada info kalau ada beberapa titik di proyek tersebut yang tidak dipadatkan. Tapi menurut pengawas di lapangan semuanya sudah dilakukan pemadatkan sesuai prosedur.



"Konsultan pengawas selalu mengawasi setiap pekerjaan yang dilakukan walaupun pekerjaan dilakukan saat malam hari. Secara rill kami punya data kalau proses pemadatan sudah dilakukan sesuai ketentuan," tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)