Data Vaksin Kacau, Ganjar Temukan Persoalan di Lapangan

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:46 WIB
loading...
Data Vaksin Kacau, Ganjar Temukan Persoalan di Lapangan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek stok vaksin di Grobogan, Selasa (3/8/2021). Foto/Ist
A A A
GROBOGAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turun ke lapangan untuk mengecek secara langsung kondisi data vaksinasi yang kacau atau tidak sesuai antara pusat dan daerah.

Baca juga: Tabrakan Adu Banteng di Gondosuli Jogja, 2 Pemotor Tewas Pembonceng Luka Berat

Ketidaksesuaian data vaksinasi antara pemerintah pusat dan daerah di Jawa Tengah membuat banyak kepala daerah yang protes pada pemerintah pusat terkait ketersediaan vaksin.

Baca juga: Anak Akidi Tio Janji Cairkan Uang Bantuan Rp2 Triliun Hari Ini

Data yang dimiliki pemerintah pusat melalui aplikasi Smile menunjukkan daerah-daerah itu masih memiliki stok vaksin cukup banyak. Ternyata, data di aplikasi Smile tidak sesuai seperti di lapangan.

Terkait ketidaksesuaian data ini, Ganjar mendatangi Kabupaten Grobogan untuk melihat kondisi riil di daerah tersebut. Sebab sebelumnya, Bupati Grobogan selalu meminta tambahan vaksin. Namun di data Smile dari pemerintah pusat, stok vaksin di Grobogan masih banyak sehingga tidak dikirim.

Saat mengecek vaksinasi di Desa Wolo, Ganjar menemukan titik persoalannya. Ternyata, setiap acara vaksinasi, semua data diinput secara langsung melalui aplikasi Pcare. Baru setelah itu, data diinput melalui aplikasi Smile.

"Lha kenapa tidak ke Smile pak, kan itu pusat melihatnya pakai itu," tanya Ganjar ke petugas.

Kepala Dinas Kesehatan Grobogan, Slamet Widodo menjelaskan bahwa inputing data ke aplikasi Smile membutuhkan waktu yang lama. Data baru diinput setelah direkap dari aplikasi Pcare.

"Itu butuh waktu lama pak, kami tiap hari kalau vaksinasi sudah langsung input ke aplikasi Pcare," jelasnya.

Dari situlah Ganjar menemukan titik persoalan. Bahwa sebenarnya ada ketidakcocokan data antara pemerintah pusat dengan daerah. Pemerintah pusat melihat stok masih banyak, karena inputing data ke aplikasi Smile belum sempurna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)