Biaya Sekolah dan Kesehatan Picu Inflasi di Jawa Timur

Senin, 02 Agustus 2021 - 16:15 WIB
loading...
Biaya Sekolah dan Kesehatan Picu Inflasi di Jawa Timur
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Selama Juli 2021, Jawa Timur (Jatim) mengalami inflasi sebesar 0,17 persen. Dari 8 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), 6 kota mengalami inflasi dan 2 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 0,42 persen. Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Malang dan Madiun masing-masing sebesar 0,11 persen.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Dari sebelas kelompok pengeluaran, sepuluh kelompok mengalami inflasi dan satu kelompok sisanya mengalami deflasi.

Baca juga: Siswi SD di Pasuruan Diculik dan Nyaris Diperkosa di Villa

“Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah yaitu kelompok pendidikan sebesar 0,82 persen,” kata Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, Umar Sjaifudin dalam rilisnya, Senin (2/8/2021).

Disusul kelompok kesehatan sebesar 0,70 persen, makanan,minuman dan tembakau 0,30 persen, perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga dan transportasi masing-masing 0,09 persen, penyediaan makanan dan minuman/restoran 0,04 persen, pakaian dan alas kaki dan perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga masing-masing 0,02 persen. “Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah yaitu kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,01 persen,” imbuh Umar.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Juli 2021 antara lain, cabai rawit, bawang merah, sekolah dasar, akademi/perguruan tinggi, tomat, sekolah menengah atas, obat dengan resep, ikan mujair, vitamin, dan sawi hijau.

“Pada Juli 2021, dari sebelas kelompok pengeluaran, lima kelompok memberikan sumbangan inflasi dan enam kelompok lainnya memberikan sumbangan deflasi yang sangat kecil,” terang Umar.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)