Cegah Karhutla dan Pencurian Kayu, Perhutani Gencarkan Patroli di Bringin

Senin, 02 Agustus 2021 - 09:59 WIB
loading...
Cegah Karhutla dan Pencurian Kayu, Perhutani Gencarkan Patroli di Bringin
Sejumlah personil polisi hutan, jajaran Koramil 04 Bringin dan BKPH Tempuran, Bringin, Kabupaten Semarang saat melakukan patroli hutan, Minggu (1/7/2021) petang. Foto/IST
A A A
SEMARANG - Perhutani bersama jajaran Kodim 04 Bringin dan polisi hujan melakukan patroli hutan di wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Minggu (1/8/2021) sore hingga malam. Operasi ini digencarkan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta pencurian kayu milik Perhutani.

Komandan Kodim 04 Bringin Kapten Inf FX Agung Kartika mengatakan, memasuki musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan tinggi. Karena itu, langkah antisipasi harus dilakukan agar kebakaran bisa dicegah.

"Disamping itu, kayu di hutan yang dikelola Perhutani juga rawan dicuri. Untuk mengantisipasi, kami bersama BKPH Tempuran, Bringin dan Polhut (polisi hutan) menggencarkan patroli hutan," katanya, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, pencurian kayu biasanya dilakukan pada malam hari. Namun ada juga pencuri yang melakukan penebangan siang hari, kemudian kayunya diangkut pada malam hingga dini hari.

Dia berharap, dengan digencarkannya patroli di malam hari, tidak ada lagi kasus pencurian kayu dan hutan tetap lestari. "Dalam patroli tadi malam, kami tidak menemukan aksi pencurian kayu. Dan sejauh ini situasi aman terkendali," ujarnya. Baca juga:Kawasan Tahura R Soerjo Ditutup pada Hari H Lebaran

Disisi lain Agung juga mengimbau kepada masyarakat, jika beraktivitas di lahan atau hutan, jangan membersihkan semak belukar dengan cara dibakar dan membuang puntung rokok sembarangan.

Sebab saat ini, hutan dalam kondisi kering sehingga rawan terjadi kebakaran. "Mari kita jaga kelestarian lahan dan hutan. Cegah kebakaran karhutla dan pencurian kayu. Sebab pencurian kayu merugikan negara," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5571 seconds (0.1#10.140)