792 Orang Gila di Kota Cimahi Jadi Sasaran Vaksin COVID-19

Sabtu, 31 Juli 2021 - 01:03 WIB
loading...
792 Orang Gila di Kota Cimahi Jadi Sasaran Vaksin COVID-19
ilustrasi
A A A
CIMAHI - Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ ) di Kota Cimahi menjadi salah satu yang ditargetkan mendapatkan program pemberian vaksin COVID-19.

Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP), Kota Cimahi, Fitriani Manan, menyebutkan ada 792 orang yang akan disuntik.

"Target kami untuk ODGJ ada 792 orang, sekarang yang sudah divaksinasi baru 111 orang atau 14,01% dari total target," ucapnya, Jumat (30/7/2021).

Sebelum pasien ODGJ disuntikan vaksin COVID-19, pihaknya melakukan verifikasi dan pengecekan kondisinya terlebih dahulu. Sebab dikhawatirkan kondisinya malah tidak stabil, pascadilakukan penyuntikan.

Baca juga: Mesin Pemanas Uap di PT HJ Busana Meledak, 1 Tewas dan 2 Buruh Luka Berat

Kemudian setelah dipastikan stabil, nantinya akan diperiksa petugas kesehatan apakah kondisinya layak divaksin atau harus ditunda. Untuk yang sudah divaksin dan kondisinya stabil, makan bisa dilanjutkan langsung dengan divaksin.

Pihaknya bersama kader di lapangan hanya bertugas untuk mengkondisikan klien atau pasien untuk mendatangi tempat vaksinasi seperti Puskesmas dan rumah sakit. Jika yang bersangkutan tidak bisa datang, maka akan dilakukan kunjungan rumah.

"Untuk yang bertugas menyuntikkan vaksin, tetap dilakukan tenaga kesehatan Dinas Kesehatan maupun rumah sakit. Kita hanya memverifikasi sasaran, kemudian mengondisikan klien," ujarnya.

Untuk vaksinasi ODGJ lainnya, lanjut Fitriani, akan terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Sebab mereka yang mengetahui dan mengoordinir dosis vaksinnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Reri Marliah menyebutkan, OGDJ masuk kategori vaksinasi kelompok renta. Kelompok tersebut memang menjadi sasaran untuk disuntikan vaksin COVID-19 secara bertahap.

"Mereka (ODGJ) masuk ke masyarakat umum dan renta. Secara bertahap vaksinasinya sudah berjalan sejak Mei 2021," sebutnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)