Trauma Healing, Wali Kota Sutiaji Beri Semangat untuk Tiga Anak Isoman

Rabu, 21 Juli 2021 - 18:48 WIB
loading...
Trauma Healing, Wali Kota Sutiaji Beri Semangat untuk Tiga Anak Isoman
Wali Kota Malang Sutiaji menyambangi dan memberi semangat kepada tiga anak yang terpapar Covid-19, Rabu ini (21/7/2021).
A A A
KOTA MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji menyambangi dan memberi semangat kepada tiga anak yang terpapar Covid-19, Rabu ini (21/7/2021). Tiga bersaudara ini menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumahnya tanpa orang tua di Perumahan Puskopad, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang.

“Ayo, nak, semangat! Supaya cepat sehat,” ujar Sutiaji sembari mengangkat kepalan tangannya memberikan dukungan. Pria yang akrab disapa Pak Aji ini berbincang ringan dengan ketiga anak tersebut mengenai cita-cita mereka. Dengan ramah Pak Aji juga memperkenalkan Kapolresta Malang Kota AKBP Bhudi Hermanto dan Komandan Kodim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadhona yang turut mendampinginya.

Menurut Pak Aji, sambangan ini menjadi salah satu upaya penyembuhan trauma (trauma healing) bagi penderita Covid-19. Pengalaman saat menjalani isolasi mandiri memiliki muatan emosi yang masuk ke memori dan dapat meninggalkan dampak psikologis, terlebih apabila dialami oleh anak-anak. Karenanya, Walikota Sutiaji juga meminta pendampingan baik dari psikolog maupun dukungan bersama dari warga setempat.

“Kita menguatkan, nanti kita (beri) pendampingan. Karena keterbatasan psikolog, nanti ada pendampingan dari RT RW Tangguh. Nanti kalau ada kasus baru laporan ke kami, akan kami manage juga,” katanya.
Trauma Healing, Wali Kota Sutiaji Beri Semangat untuk Tiga Anak Isoman

Orang nomor wahid di Kota Malang ini juga mengapresiasi program Satgas Malang Raya Trauma Healing (Sama Ramah) yang diinisiasi oleh Kapolresta Malang Kota AKBP Bhudi Hermanto. Ini disampaikan saat Sutiaji memimpin apel gabungan saat peresmian program Sama Ramah di halaman Polresta Malang Kota.

Program ini melibatkan jajaran Polresta Malang Kota, Kodim 0833, Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Malang, serta Pemerintah Kota Malang. Menurutnya, program Sama Ramah sebagai upaya sinergitas dan koordinasi hexahelix dalam rangka trauma healing korban Covid-19 di wilayah Kota Malang.

“Terdiri dari psikolog yang akan memberikan pendampingan pada saudara-saudara kita, yang sedang terpapar, dan bagaimana cara mengatasinya. Ada saudara yang terdampak pascaterpapar, ada yang ditinggal anggota keluarga, ini perlu ada penumbuhan semangat hidup. Banyak program yang akan kita lakukan,” katanya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)