Jika PPKM Darurat Diperpanjang, Ganjar Minta Aturannya Dilonggarkan

Rabu, 21 Juli 2021 - 00:10 WIB
loading...
Jika PPKM Darurat Diperpanjang, Ganjar Minta Aturannya Dilonggarkan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memantau aktivitas masyarakat di Kota Semarang. Foto/ist
A A A
SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat untuk melonggarkan aturan PPKM darurat, apabila kebijakan tersebut diperpanjang. Sebab kalau PPKM darurat diperpanjang, tetapi polanya seperti ini, masyarakat merasa berat.

"Kalau situasinya seperti ini, kita harus mendengarkan suara masyarakat. Jika PPKM-nya diperpanjang tapi polanya seperti ini, masyarakat berat. Maka harus ada cara-cara yang lebih soft, meskipun itu bentuknya darurat dan diperketat," kata Ganjar dilangsir dari akun Instagram-nya, Selasa (20/7/2021).

Menurut Ganjar, pola PPKM bisa diatur. Seperti pedagang yang mangkal trotoar misalnya. Bisa diatur dengan menjaga jarak pembeli yang makan di tempat. "Kalau pedagang jualannya di trotoar, ya sudah jaraknya tempat makan dibatasi dua meter. Itu kompromi yang bagus menurut saya," ujarnya.

Ganjar mengaku tidak tega melihat kondisi pedagang kecil aturan PPKM darurat sangat ketat. Ganjar mengaku, dirinya setiap hari keliling dan tidak tega melihat para pedagang. Baca juga: PPKM Darurat Dinilai Berdampak Besar, Ampera Pemalang Tolak Perpanjangan

"Bagaimana orang jualan pecel, terus yang duduk disitu hanya sekian orang. Ya mungkin dia (pembeli) kerja harus pagi, abang becak disitu, teman-teman ojol (ojek online) disitu, mohon maaf mereka tidak bisa kalau tidak makan disitu. La mau makan dimana, mereka kerja keliling. Saya pikir benar juga," ujarnya.

Maka dari itu, kata Ganjar, suara masyarakat harus didengarkan jika PPKM darurat diperpanjang. "Masyarakat terlalu berat jika PPKM darurat diperpanjang, tapi polanya seperti ini. Meskipun darurat dan diperketat, bentuknya harus soft," ucapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)