Kasus COVID-19 Melonjak, Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Sarankan Pemda Tarik Rem Darurat

Rabu, 14 Juli 2021 - 14:14 WIB
loading...
Kasus COVID-19 Melonjak, Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Sarankan Pemda Tarik Rem Darurat
Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Faried Jayen Soepardjan menyatakan Jika perlu Pemda DIY harus segera menarik rem darurat agar penularan COVID-19 ini bisa dikendalikan. Foto/MNC Media
A A A
YOGYAKARTA - Penambahan pasien positif COVID-19 di DIY terus mengalami lonjakan. Pada Selasa (13/7/2021) bahkan kasus positif COVID-19 di DIY mencapai angka 2.731 kasus.

Baca juga: 10 Hari PPKM, DIY Makin Parah, Sehari Tambah 2.731 Kasus COVID-19

Angka ini hanya berjarak sedikit dengan penambahan pasien positif COVID-19 di Jawa Tengah, yaitu 3.270 kasus di Selasa (13/7/2021). Padahal, secara jumlah penduduk dan luas DIY jauh di bawah luas daerah Jawa Tengah.

Baca juga: Ketua Perindo DIY Yuni Astuti Usulkan Sekolah & Kampus Diubah Jadi Shelter Isoman

Menanggapi kondisi ini, Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Faried Jayen Soepardjan pun angkat bicara. Dia menjabarkan bahwa kondisi lonjakan pasien COVID-19 di DIY sudah bukan main-main lagi.

"Pemda DIY harus berupaya lebih keras lagi dalam menangani lonjakan kasus pasien positif COVID-19 . Jika perlu Pemda DIY harus segera menarik rem darurat agar penularan COVID-19 ini bisa dikendalikan," ujar Faried Jayen, Selasa (12/7/2021).

Terkait pelaksanaan PPKM Darurat, dia menilai perlu ada penindakan dan ketegasan. Faried Jayen membeberkan saat pelaksanaan PPKM Darurat di DIY belumlah maksimal.

"Penerapan PPKM Darurat harus dipertegas lagi dalam pelaksanaannya. Supaya kasus positif COVID-19 di DIY bisa dikendalikan. Tidak cukup hanya TNI, Polri dan Satpol PP. Masyarakat juga harus dilibatkan," tegasnya.

"Pemda DIY dan masyarakat bisa bergotong royong bersama untuk menerapkan PPKM Darurat. Selain aturan yang ketat, Pemda DIY juga harus mensosialisasikan secara masif tentang PPKM Darurat," tandasnya.

Faried Jayen menjelaskan dengan sosialisasi dan pemahaman yang utuh ini, masyarakat tahu, sadar dan mau bergotong royong bersama-sama untuk di rumah saja jika tak ada keperluan yang penting dan mendesak.

Pemuda Pancasila DIY sebagai salah satu ormas dengan jumlah anggota mencapai puluhan ribu, kata Faried Jayen, siap membantu Pemda DIY dalam penerapan PPKM Darurat.

Dia menegaskan siap menurunkan pengurus dan kader Pemuda Pancasila DIY untuk membantu mengawasi penerapan protokol kesehatan selama PPKM Darurat diterapkan.

"MPW Pemuda Pancasila DIY siap membantu Pemda DIY, TNI dan Polri untuk PPKM Darurat ini. MPW Pemuda Pancasila DIY siap ikut membantu dengan memberi perintah ke semua jajaran untuk MPC PAC Ranting dan anak ranting untuk mengawasi dan menjalankan Prokes keras di lingkungan masing-masing. Kita juga siap menerjunkan relawan untuk membantu masyarakat di masa PPKM Darurat ini," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3041 seconds (0.1#10.140)