Bupati Mathius Lantik 212 Pejabat Lingkup Pemkab Jayapura

Senin, 05 Juli 2021 - 12:50 WIB
loading...
Bupati Mathius Lantik 212 Pejabat Lingkup Pemkab Jayapura
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw ketika melantik dan mengambil sumpah janji jabatan pejabat struktural
A A A
SENTANI - Sebanyak 212 pejabat struktural di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dilantik dan diambil sumpahnya pada Selasa (29/6/2021), di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani.

Ke-212 pejabat yang dilantik itu terdiri dari 15 orang Pejabat Tinggi Pratama (eselon II), 66 orang Pejabat Administrator (Eselon III), dan 129 orang Pejabat Pengawas (Eselon IV), serta dua jabatan fungsional.

Pelantikan dan pengambilan sumpah serta penandatanganan dipimpin langsung Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. “Demi Allah, saya bersumpah akan setia dan taat pada UUD 1945 serta menjalankan peraturan selurus-lurusnya demi bakti saya kepada negara,” kata Bupati Jayapura diikuti para pejabat yang dilantik.

Momen tersebut dihadiri Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Sekda Kabupaten Jayapura Hanna S. Hikoyabi.

Bupati Mathius menuturkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pejabat struktural dalam lingkup Pemkab Jayapura sudah melalui sejumlah pertimbangan. Mutasi yang dilakukan pun sudah sesuai aturan dan melalui sejumlah tahapan hingga pelantikan.

"Mekanismenya itu sudah hampir setahun ya, proses-proses ini berlangsung. Tapi, juga untuk eselon II kita tunggu JPT dulu, itu ada dengan tim Uncen (Universitas Cendrawasih). Kemudian konsultasi KASN di Jakarta dan semua sudah disetujui, sehingga kita lakukan pelantikan hari ini," katanya usai pelantikan.

Menurut orang nomor wahid di Jayapura ini, banyak distrik yang belum terisi pejabat. "Nah, kita isi semua untuk distrik pilot projects, ke depan kita akan tambah lagi. Itulah yang kita lakukan dan saya pikir ini murni penilaian dari atasannya," ujarnya.

Tentang mutasi Mathius mengatakan sudah melalui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ada proses fit and proper test, ada penilaian Baperjakat. Berdasarkan informasi itu, maka pihaknya tetapkan dan lantik hari ini.

Kepada para pejabat yang baru dilantik, Bupati Jayapura meminta untuk langsung bekerja dengan sebaik-baiknya. “Ini adalah suatu motivasi untuk eselon III dan IV, karena ini kita lakukan promosi jabatan. Tetapi, untuk eselon II ini hanyalah rotasi (rolling) dan dia ada dalam jabatan yang ada hanya tukar tempat saja. Supaya ada penyegaran dan peningkatan bagi mereka," tuturnya.

Dia berpesan kepada pejabat baru untuk mengemban amanah pekerjaan setulus-tulusnya, dan segiat-giatnya. Dalam waktu dekat, Bupati Mathius bakal kembali melakukan mutasi dan pelantikan demi penyegaran.

Adapun 15 nama pejabat Tinggi Pratama atau Eselon II yang dilantik adalah Chris Kores Tokoro sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja; Eddi Susanto sebagai Kepala Bappenda; Theophilus H. Tegai sebagai Kadis Perindag; Joko Sunaryo sebagai Asisten II Bidang Perekonomian; Abdul Hamid Toffir sebagai Kaban Kesbangpol; Parson Horota sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, dan; John Wicklif Tegai sebagai Kadis Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain itu tercatat Yos Levie Yoku sebagai Kadis PP dan KB; Haryanto sebagai Kadis Koperasi dan UKM; Arry Ronny Deda sebagai Kepala Dinas Sosial; Alex R. Dusay menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan; Nataniel Mebri sebagai Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah; Abdul Rahman Basri sebagai Kepala Dinas LH; Sefried Depondoiye sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, dan; Derek Timotius Wouw sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)