Ngeri! Penampakan Awan Hitam Besar Menyala Gegerkan Kota Manado

Senin, 28 Juni 2021 - 18:49 WIB
loading...
Ngeri! Penampakan Awan Hitam Besar Menyala Gegerkan Kota Manado
Penampakan awan besar berwarna hitam pekat besar dan menyala yang muncul di langit Kota Manado, Sulawesi Utara sekitar pukul 17.45 Wita, Senin (28/6/2021). Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Warga Manado digegerkan dengan penampakan awan besar berwarna hitam pekat yang muncul di langit Kota Manado, Sulawesi Utara sekitar pukul 17.45 Wita, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Jambi Gempar, Ada Buah Kelapa Aneh Bertunaskan Pelepah Daun Pisang

Awan hitam besar itu sempat menghebohkan dan menjadi tontonan warga yang ada dipesisir Pantai Manado. Ada yang mengira itu asap letusan gunung lokon, ada juga yang menyebut kalau itu adalah awan cumulonimbus.
"Tebal sekali asapanya, terlihat di ujung pantai Malalayang," kata Marwan, warga setempat, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Tangis Bahagia Carissa Tertumpah di GP Ansor, Saat Gadis Cantik Ini Mantap Masuk Islam

Ngeri! Penampakan Awan Hitam Besar Menyala Gegerkan Kota Manado


Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle ketika dikonfirmasi oleh MNC Portal Indonesia (MPI) mengatakan bahwa jika dilihat dari awannya, awan tersebut merupakan awan cumulonimbus.

Ngeri! Penampakan Awan Hitam Besar Menyala Gegerkan Kota Manado


" Awan cumulonimbus yang sudah pada fase matang/mature akan memiliki dasar awan dan tinggi awan yang jelas seperti yang terjadi," kata Ben Arther Molle.

Di dalam awan cumulonimbus, kata Ben, memang terdapat muatan listrik dan akan mengakibatkan kilat atau petir. Pada kasus tersebut kilat atau petir yang terjadi merupakan jenis intercloud atau terjadi di dalam awan tersebut "Tapi kami akan cek diradar cuaca dulu untuk melihat kondisi awannya," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)