Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun, Lamongan Raih Peringkat Ke-27 Nasional

Rabu, 23 Juni 2021 - 00:06 WIB
loading...
A A A
"Saya berharap Desa Mandiri di Lamongan bisa meningkat terus jumlahnya, sebisa mungkin mencapai kisaran 75 desa dalam rentang 3-4 tahun kedepan. Selain itu dukungan semua pihak dan OPD terkait dalam membaca serta memetakan data IDM yang ada ini bisa jadi dasar untuk kebijakan intervensi kedepannya," tegas mantan Sekda Kabupaten Lamongan tersebut.

Kepala Dinas PMD Kab. Lamongan, Khusnul Yaqin menyampaikan status IDM yang naik sebanyak 75 desa.

"Desa yang status IDM nya tetap sebanyak 382 desa, status dari desa maju jadi desa mandiri ada 18 desa. Desa Banjarmadu yang naik langsung dari desa berkembang menjadi desa mandiri. Ada 56 desa berkembang naik status menjadi desa maju," kata Khusnul saat memaparkan hasil survei pemutahiran IDM di ruang kerja Bupati Lamongan pada Senin, (21/6/2021).

Plt Kepala Bappeda Kab. Lamongan, Suyatmoko menegaskan pihaknya kini sedang melakukan koordinasi pendataan tentang desa termasuk dengan mensinergikan data IDM serta SDGs Desa dengan SDGs Kabupaten yang sedang berjalan.

"Mensinergikan data-data dasar tentang Desa ini menjadi penting guna memastikan proses perencanaan pembangunan Kabupaten Lamongan bisa semakin terintegrasi terhadap semua sektor. Hal ini khususnya dalam menciptakan perencanaan kawasan pedesaan di sejumlah wilayah," kata Suyatmoko pada kesempatan sama.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)