Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun, Lamongan Raih Peringkat Ke-27 Nasional

Rabu, 23 Juni 2021 - 00:06 WIB
loading...
Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun, Lamongan Raih Peringkat Ke-27 Nasional
Kabupaten Lamongan meraih peringkat 27 nasional pemutakhiran data IDM 2021.Foto/dok
A A A
LAMONGAN - Kabupaten Lamongan meraih peringkat ke-27 secara nasional dalam proses pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) 2021. Lamongan yang terdiri dari 462 desa di 27 kecamatan ini juga menjadi peringkat ke-6 tingkat Jawa Timur.

Berdasarkan hasil pemutakhiran data IDM Lamongan 2021 menghasilkan status 462 desa sebagai Desa Mandiri sebanyak 34 desa. Pada tahun sebelumnya (2020) hanya ada 16 desa mandiri. Desa maju mencapai 157 desa dari 122 desa pada 2020, desa berkembang mencapai 271 desa dari 324 desa pada 2020.

Sedangkan status untuk desa tertinggal dan desa sangat tertinggal sejak 2020 sudah tidak ada desa yang berstatus itu.

Baca juga: Waduh,Pembuang Bayi Perempuan di Mojokerto Ternyata Orang Pertama yang Menemukan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan apresiasi terhadap capaian tim data pemutahiran IDM yang dilakukan secara mandiri oleh perangkat desa dengan dipandu serta dibimbing Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta Tim Pendaming Profesional Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (TPP P3MD) Kabupaten Lamongan.

“Alhamdulillah progres pemutahiran data IDM 2021 untuk 462 desa di Lamongan telah selesai dan hasilnya sangat membanggakan. Apalagi dari informasi yang masuk Kabupaten Lamongan masuk peringkat 27 secara nasional dan peringkat 6 untuk skala Provinsi Jatim,” kata Yuhronur Efendi, Selasa (22/06/2021).

Baca juga: Viral Penampakan Abah Abuya Syar'i Banten, Bikin Warganet Geger

Yuhronur menyatakan kenaikan status desa yang terjadi secara umum berlangsung secara simultan, meski demikian ada 1 desa yang mengalami lompatan cukup signifikan yaitu Desa Banjarmadu Kec. Karanggeneng.

"Desa Banjarmadu ini cukup luar biasa lompatan statusnya, karena pada 2020 masih berstatus Desa Berkembang dan pada 2021 ini langsung melompat 2 tingkat menjadi Desa Mandiri, tidak melalui status desa maju. Yang menggembirakan jumlah desa berkembang di Lamongan semakin menyusut jumlahnya menjadi 271 desa dari sebelumnya berjuvmlah 324 desa pada 2020," kata Pak Yes, panggilan akrab Yuhronur Efendi oleh warga Lamongan itu.

Secara khusus Yuhronur Efendi menyampaikan kenaikan status IDM ini mesti dibarengi dengan upaya dukungan agar desa-desa yang telah naik statusnya termasuk yang belum beranjak statusnya ini segera dipetakan persoalannya agar dukungan program demi menggerakkan perekonomian Desa bisa terlaksana.

"Saya berharap Desa Mandiri di Lamongan bisa meningkat terus jumlahnya, sebisa mungkin mencapai kisaran 75 desa dalam rentang 3-4 tahun kedepan. Selain itu dukungan semua pihak dan OPD terkait dalam membaca serta memetakan data IDM yang ada ini bisa jadi dasar untuk kebijakan intervensi kedepannya," tegas mantan Sekda Kabupaten Lamongan tersebut.

Kepala Dinas PMD Kab. Lamongan, Khusnul Yaqin menyampaikan status IDM yang naik sebanyak 75 desa.

"Desa yang status IDM nya tetap sebanyak 382 desa, status dari desa maju jadi desa mandiri ada 18 desa. Desa Banjarmadu yang naik langsung dari desa berkembang menjadi desa mandiri. Ada 56 desa berkembang naik status menjadi desa maju," kata Khusnul saat memaparkan hasil survei pemutahiran IDM di ruang kerja Bupati Lamongan pada Senin, (21/6/2021).

Plt Kepala Bappeda Kab. Lamongan, Suyatmoko menegaskan pihaknya kini sedang melakukan koordinasi pendataan tentang desa termasuk dengan mensinergikan data IDM serta SDGs Desa dengan SDGs Kabupaten yang sedang berjalan.

"Mensinergikan data-data dasar tentang Desa ini menjadi penting guna memastikan proses perencanaan pembangunan Kabupaten Lamongan bisa semakin terintegrasi terhadap semua sektor. Hal ini khususnya dalam menciptakan perencanaan kawasan pedesaan di sejumlah wilayah," kata Suyatmoko pada kesempatan sama.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)