Kazona Maritim Barat dan Lima Kementerian Lembaga Negara Tinjau Pulau Nipa

Jum'at, 18 Juni 2021 - 13:48 WIB
loading...
Kazona Maritim Barat dan Lima Kementerian Lembaga Negara Tinjau Pulau Nipa
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto bersama Lima Kementeria Lembaga Negara melaksanakan peninjauan Pulau Nipa, Jumat (18/6/2021). SINDOnews/Dicky
A A A
BATAM - Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto bersama Lima Kementeria Lembaga Negara melaksanakan peninjauan Pulau Nipa, Jumat (18/6/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka monitoring implementasi kebijakan penggelaran kekuatan dan kemampuan pertahanan serta pengelolaan wilayah perbatasan negara dan pulau-pulau kecil terluar. Peninjauan menggunakan unsur Patroli Bakamla yakni KN Belut Laut – 406 yang sandar di Dermaga 99 Batu Ampar, Kota Batam, kemarin.

Kantor Kamla Zona Maritim Barat siap membantu dalam pengamanan dan pengawasan pulau-pulau terluar termasuk Pulau Nipa yang berada dalam wilayah kerja Zona Maritim Barat. Hal tersebut dikatakan Laksma Bakamla Hadi Pranoto dihadapan para pejabat yang ikut onboard dalam KN Belut Laut-406.

"Kita mengetahui bahwa Pulau Nipa termasuk salah satu pulau terluar dan terletak di Selat Singapura yang perlu mendapat perhatian khusus karena letaknya yang sangat dekat dengan Singapura. Secara geografis Pulau Nipa terletak pada koordinat 01009’13’’ U dan 103039’11’’ T," kata Laksma Bakamla Hadi Pranoto.

Selain itu, Laksma Bakamla Hadi Pranoto mengatakan bahwa nantinya Zona Maritim Barat akan diperkuat dengan sebelas Sistem Pemantauan Terpadu yang tersebar di wilayah kerjanya sehingga pemantauan di Pulau-Pulau dan perbatasan dengan negara tetangga dapat tercover dengan baik. "Kita bisa memantau perbatasan dengan negara tetangga dengan baik," pungkasnya. Baca: Kericuhan di Posko Penyekatan Suramadu, Ini Penyebabnya.

Dengan menggunakan unsur KN Belut Laut-406, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat beserta seluruh rombongan tolak dari Dermaga 99 Batu Ampar Batam pada Pukul 09.00 WIB. Dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam sampai ke Pulau Nipa. Baca Juga: Puluhan Tahanan Narkoba Kabur, 27 Tertangkap 3 Masih DPO.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)