75 Pasien di Surabaya Tidak Terlayani Akibat Stok Plasma Konvalesen Kosong. Saksikan Selengkapnya di iNews Siang Jumat Pukul 11.00 WIB

Jum'at, 18 Juni 2021 - 10:59 WIB
loading...
75 Pasien di Surabaya Tidak Terlayani Akibat Stok Plasma Konvalesen Kosong. Saksikan Selengkapnya di iNews Siang Jumat Pukul 11.00 WIB
Sebanyak 75 pasien tak terlayani akibat stok plasma konvalesen di UTD PMI Kota Surabaya kosong. Saksikan Selengkapnya di iNews Siang Jumat Pukul 11.00 WIB. Foto/iNews TV
A A A
SURABAYA - Akibat Menurutnya jumlah donor darah dan plasma konvalesen di Kota Surabaya, Jawa Timur, saat ini stok plasma konvalesen di unit transfusi darah (UTD) PMI Kota Surabaya kosong.

Kabid Pelayanan Humas PMI Kota Surabaya, Martono Adi Triyogo mengatakan, selama pandemi COVID-19 ini, stok darah di PMI Kota Surabaya sangat tipis. Hal itu terjadi karena kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kota Pahlawan juga semakin masif.

Donor pun mengalami ragam kendala saat memenuhi persyaratan donasi darah, salah satunya bisa mendonasikan darah setelah dua pekan usai vaksinasi kedua.

"Padahal, setiap harinya (sebelum pandemi), paling nggak kita butuhkan 400," kata Martono dikonfirmasi, Rabu (16/6/2021).

Martono menyebut, hingga Selasa (15/6/2021) kemarin, hanya ada 80 stok darah di PMI Kota Surabaya. Selain itu, donor plasma konvalesen juga tak ada sama sekali. "(Donor plasma darah) engak ada, karena terjadi penumpukan (antrean)," ujar dia.

Menurut Martono, permintaan plasma darah konvalesen hingga saat ini terus mengalir. Bahkan masih banyak yang masuk dalam antrean atau daftar tunggu.

Saksikan selengkapnya dalam iNews Siang Wilson Purba dan Bernadheta Ginting pukul 11.00 WIB langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)