3 Hektare Lahan di Sekitar Komplek Perkantor Pemkab Ogan Komering Ulu Selatan Dibakar Orang

Minggu, 13 Juni 2021 - 04:10 WIB
loading...
3 Hektare Lahan di Sekitar Komplek Perkantor Pemkab Ogan Komering Ulu Selatan Dibakar Orang
Sekitar 3 hektare lebih lahan perkebunan di sekitar Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan dilahap sijago merah. Foto iNews TV/Teddy H
A A A
MUARA DUA - Sekitar 3 hektare lebih lahan perkebunan di sekitar Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan dilahap sijago merah . Beruntung kejadian yang terjadi di Sabtu malam ini (12/6/2021) hingga tidak memakan korban jiwa.

Besarnya kobaran api membuat petugas dari Unit Pemadam Kebakaran kesulitan untuk memadamkan api yang membakar semak ilalang seluas 3 hektar lebih di dekat Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tersebut.



Kebakaran lahan yang persis berada di tepi Jalan Kabupaten Simpang Jagaraga menuju Kota Muaradua ini mulai terjadi sekitar pukul 18.15 WIB menjelang malam tadi dan jarak antara komplek perkantoran pemerintah kabupaten setempat hanya sekitar 500 meter.

Lahan yang diduga sengaja dibakar ini merupakan lahan yang tidak produktif lagi pasca akan dilakukan penanaman kembali bibit jagung oleh petani setempat. Sehingga lahan tersebut ditumbuhi semak ilalang dan belukar kering lalu dibakar begitu saja.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran milik pemerintah setempat diterjunkan ke lokasi titik api untuk memadamkan kobaran api yang sudah membesar dengan cepat.

Api baru berhasil dipadamkan setelah petugas berjibaku selama dua jam lebih untuk memadamkan api.

Muhidi petugas damkar mengatakan, kebakaran lahan di wilayah kabupaten itu mulai terjadi menyusul sepekan terakhir sejak sudah hampir satu bulan ini.



"Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tidak pernah kembali diguyur hujan sehingga banyak lahan kering dan mudah terbakar," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, aktifitas petani dalam membersihkan ladang merekapun tergolong sangat tidak baik dengan cara membakar rumput ilalang dan bekas panen seperti jagung hingga tuntas.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)