Kisah Mistis Calon Arang dan Asal Muasal Leak Bali

Sabtu, 12 Juni 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Kemudian pada saat yang tepat, Ratna Manggali meluangkanwaktuuntuk bicara dari hati ke hati dengan ibunya. Ia memohon pada sang ibu untuk menghentikan dendamnya dan perbuatannya yang merugikan. Terlebih lagi, sekarang dirinya sudah menikah dan bahagia sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

Ki Rangda sepertinya mendengarkan permohonan anak semata wayangnya tersebut. Ia lalu pergi menemui Empu Baradah untuk melakukan penyucian. Mendengar hal tersebut, Ratna Manggali tentu saja merasa begitu bahagia.

Sang Pendeta Agung menyiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk keperluan penyucian. Saat dirasa waktunya sudah tepat, ia kemudian memulai upacaranya.

Pada awalnya, kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Namun, tak lama berselang, tiba-tiba tubuh Ki Rangga menjadi bergetar hebat hingga terpental cukup jauh.

Tak disangka, ia kemudian berubah menjadi raksasa Calonarang yang begitu mengerikan dan mengeluArkan api. Ternyata, roh kekuatan Calonarang tidak rela kalau tubuh yang menjadi tempat tinggalnya selama ini disucikan.

Perkelahian sengit antara Calon Arang dan Empu Baradah pun tak bisa dihindari. Raksasa tersebut semakin gencar menyerang saat api yang dikeluarkan tak mampu membakar sang empu. Keadaan di sekitar sudah begitu hancur

Melihat Calon Arang yang tidak menunjukkan tanda-tandamenyerah, Empu Baradah lalu mengeluarkan ajian pamungkasnya untuk menghentikan semua ini dan berhasil. Raksasa berwajah menyeramkan tersebut langsung hangus terbakar dan menjadi abu.

Empu Baradah lalu mengumpulkan abu tersebut dalam sebuah kain putih. Ia menghidupkannya kembali dan muncullah wujud Ki Rangda yang terlihat pucat.

“Aku merasa malu untuk terus hidup. Biarkan saja akumati. Aku harus menebus dosaku. Lagipula kalau mati, aku akan menuju kesucian,” ucapnya.

Sebenarnya, Empu Baradah tidak tega melenyapkan Ki Rangda. Walau bagaimana pun, ia adalah besannya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)