Komunitas Sepeda Makassar Kampanyekan Berbagi Jalan Raya

Sabtu, 05 Juni 2021 - 10:09 WIB
loading...
Komunitas Sepeda Makassar Kampanyekan Berbagi Jalan Raya
Sejumlah komunitas sepeda di Makassar Kampanyekan berbagi jalan raya. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Memperingati Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day setiap tanggal 3 Juni, gabungan dari lintas komunitas pegowes Makassar menggelar gowes bareng.

Selain gowes bareng, aksi ini juga dibarengi kampanye share the road dan bersepeda untuk lifestyle.


Para pesepeda berkeliling di jalanan Kota Makassar, dengan pusat di perempatan Jalan Jendral Sudirman, dengan mengampanyekan berbagi jalan bersama pengendara lainnya.

Turut serta dalam kampanye sosial ini klub sepeda Makassar Cycling Club (MCC), Celebes Road Bike Community ( CRBC), Slim dan Komunitas Orang Bike.

Ketua MCC (Makassar Cycling Club) Ko San, mengatakan kegiatan tersebut kampanye share the road atau aksi berbagi jalan ini, sebagai upaya menyikapi maraknya oknum pesepeda yang menyerobot atau menguasai jalanan perkotaan.

Terlebih lagi kata dia, setelah viral kejadian pesepeda motor yang marah dan mengacungi jari tengah rombongan pengendara road bike di Jakarta karena tidak diberi ruang melintasi jalan raya.



Ia mengatakan, sikap arogansi oknum pengendara bisa ditemui dari kalangan apa saja, sebagai sesama pengguna jalan, termasuk pesepeda .

“berkendara itu soal mental. Kalau mentalnya egois dan emosian, mau dikasih kendaraan apapun ya bakal gitu juga. Enggak bisa menyalahkan atau membenarkan salah satu pihak. Belajar dari kejadian viral kemarin semoga semua bisa introspeksi dan menahan ego. Saat di jalan, agar saling menghormati sesama pengguna jalan lain,” kata Ko San, Sabtu (5/6/2021).

Diakui Ko San, oknum yang kedapatan tidak berkendara di jalur khusus sepeda ketika di tengah perkotaan, bukan hanya ditemui di Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)