Ribuan Komunitas Onthel, Motor dan Mobil Antik Gelar Kirab dan Pengibaran Bendera di Rengasdengklok

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:06 WIB
loading...
Ribuan Komunitas Onthel, Motor dan Mobil Antik Gelar Kirab dan Pengibaran Bendera di Rengasdengklok
Persiapan upacara bendera di Rengasdengklok. Foto: Nila/SINDOnews
A A A
KARAWANG - Ribuan orang dari berbagai komunitas sepeda onthel, motor, dan mobil antik, akan memadati lapangan Tugu Kebulatan Tekad, di Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, Selasa (16/8/22).

Kedatangan komunitas ini untuk memperingati HUT ke-77 RI dengan melakukan napak tilas peristiwa Rengasdengklok.

Dalam peristiwa itu, masyarakat Rengasdengklok dan tentara PETA mengibarkan bendera merah putih di kantor Kecamatan Rengasdengklok.

Baca juga: Komunitas Tionghoa Sukabumi Sebut Upacara Bendera Penting Bangun Patriotisme

Ketua Pejuang Siliwangi (PS) Karawang, Acep Jamhuri mengatakan, kegiatan napak tilas peristiwa Rengasdengklok bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang.

Masyarakat Karawang dari berbagai komunitas, LSM, Ormas dan para pemuda yang tergabung dalam KNPI akan menghadiri acara napak tilas dengan tema 'Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih Kebulatan Tekad Kemerdekaan Indonesia'.

Dalam acara tersebut, diperkirakan sebanyak 5.000 orang akan melakukan konvoi dari Kodim 0604 Karawang menuju Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok sejauh 25 kilometer.

Baca: Euforia Kemerdekaan dengan Upacara Bendera di Perbukitan Sabana Sumba

"Peserta sekitar 5 ribu orang yang sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir. Mereka terdiri dari komunitas motor, mobil dan juga sepeda," kata Acep Jamhuri, yang juga menjabat sebagai Sekda Karawang, Senin (15/8/2022).

Menurut Acep, acara napak tilas pengibaran bendera Indonesia 16 Agustus 1945 merupakan rangkaian sejarah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2784 seconds (11.210#12.26)