Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Tekan Angka Putus Sekolah di Jabar, Baznas Luncurkan Program Desa Cerdas

loading...
Tekan Angka Putus Sekolah di Jabar, Baznas Luncurkan Program Desa Cerdas
Baznas Jabar menggagas program Desa Cerdas untuk menekan angka putus sekolah di wilayah pedesaan di Jabar. Foto/Istimewa
BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Jabar melalui Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) Jabar berupaya menekan angka putus sekolah di Provinsi Jabar.

Melalui program Desa Cerdas, Baznas Jabar berupaya memberikan motivasi hingga beasiswa kepada anak-anak usia sekolah, khususnya di wilayah pedesaan.

Wakil Ketua II Baznas Jabar, Ali Kosim mengatakan, Desa Cerdas merupakan program yang digagas oleh LBB Jabar bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar dan Patriot Desa.

Baca juga: Polisi Periksa Keluarga dan Pegawai Juragan Plastik Tewas Penuh Tusukan



Program yang diluncurkan di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Kamis (27/5/2021) itu dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan penilaian terhadap tingkat pendidikan di desa yang bertujuan untuk menekan jumlah anak putus sekolah.

"Program ini berfokus pada bidang pendidikan dan peningkatan motivasi belajar anak-anak remaja di desa," ungkap Ali.

Lebih lanjut Ali mengatakan, program Desa Cerdas dilaksanakan di Kabupaten Garut yang meliputi Desa Tanjungjaya, Sukarame, Margaluyu, dan Desa Jangkurang. Kemudian, di Desa Cidugaleun dan Desa Banjarwaringin, Kabupaten Tasikmalaya, serta Desa Sarijaya di Kabupaten Karawang.

Baca juga: Kenaikan Kedelai Tak Wajar, Perajin Tempe di Cimahi Stop Produksi Tiga Hari

Menurutnya, aparat kewilayahan dan masyarakat menyambut baik program ini. Mereka, kata Ali, senang dan berharap program ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar remaja desa, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Harapannya, program Desa Cerdas ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan semangat anak-anak melanjutkan pendidikan dan ke depannya dapat mengurangi angka putus sekolah di wilayah Jawa Barat," tegasnya.



Selain pembukaan program Desa Cerdas, tambah Ali, dalam kegiatan juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis dan pameran kesenian daerah Desa Tanjungjaya bekerja sama dengan Layanan Aktif Baznas (LAB) Jabar.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top