Lokasi Teridentifikasi, Pasukan Khusus TNI Polri Terus Memburu 9 Kelompok Teroris di Papua

Rabu, 26 Mei 2021 - 17:40 WIB
loading...
Lokasi Teridentifikasi, Pasukan Khusus TNI Polri Terus Memburu 9 Kelompok Teroris di Papua
Pasukan khusus TNI-Polri terus memburu sembilan Kelompok Teroris Papua atau dikenal dengan nama Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Foto ilustrasi/Satgas Nemangkawi
A A A
ILAGA - Pasukan khusus TNI-Polri terus memburu sembilan Kelompok Teroris Papua atau dikenal dengan nama Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Ke-sembilan kelompok teroris OPM ini intens melakukan penyerangan dan kekerasan bersenjata di Papua.

Dimana sayap militer OPM tersebut telah menewaskan warga sipil dan aparat keamanan TNI Polri beberapa waktu terakhir.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan setidaknya ada sembilan kelompok teroris bersenjata yang menjadi target operasi pihak keamanan Indonesia.

“Total anggota kelompok teroris ini berjumlah 150 orang dengan membawa sebanyak 70 pucuk senjata api organik yang merupakan rampasan dari TNI Polri serta penyeludupan senjata api ke kelompok tersebut,” kata Kapolda Papua.



Kelompok teroris saat ini tengah bergabung di wilayah Ilaga Kabupaten Puncak, Papua di lokasi persembunyian yang telah diidentifikasi oleh aparat keamanan termasuk pimpinan pimpinan dari kelompok tersebut.

“Kelompok teroris bersenjata itu berasal dari beberapa wilayah di Papua khususnya di wilayah Pegunungan Tengah Papua,” timpalnya.

Kapolda menambahkan dalam operasi penegakan hukum terhadap kelompok teroris bersenjata di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Pihak Pasukan TNI Polri telah memisahkan warga masyarakat dari kelompok teroris tersebut dengan melakukan penegakan hukum terhadap kelompok tersebut secara tegas dan terukur.

Dalam perburuan kelompok teroris bersenjata di wilayah Pegunungan Tengah Papua aparat keamanan mengalami beberapa kendala diantaranya terhalang medan lokasi persembunyian pelaku yang berada di pengunungan hingga hutan belantara.

“Mereka bersembunyi di medan yang luas untuk dapat menyembunyikan jejak mereka. Walau terhalang medan yang berat semangat pasukan gabungan TNI-Polri terus meningkat untuk menumpas gerakan teroris bersenjata tersebut yang awalnya merupakan kelompok separatis dengan tujuan utama ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, “ katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)