Viral! Jalan PLN Peninggalan Proyek Saguling Mirip Sungai Berbatu

Rabu, 26 Mei 2021 - 05:50 WIB
loading...
Viral! Jalan PLN Peninggalan Proyek Saguling Mirip Sungai Berbatu
Kondisi jalan di sekitar Gunungkarang, Desa Karangsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, yang viral karena menyerupai aliran sungai penuh batu saat turun hujan deras. Foto/Tangkapan Instagram
A A A
BANDUNG BARAT - Kondisi sebuah ruas jalan berbatu yang rusak parah di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuat gempar media sosial. Pada rekaman video itu tampak pengendara motor berhenti di jalan rusak berbatu layaknya sebuah sungai di tengah guyuran hujan deras.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut merupakan penampakan dari sebuah jalan di wilayah Kecamatan Cipongkor, KBB. Di video tersebut juga tertulis "Jalan rusak hingga menyerupai sungai di sekitar Gunungkarang, Desa Karangsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat."

Baca juga: Gudang Kasur Busa di Cirebon Luluh Lantak Diamuk Si Jago Merah

Menanggapi viralnya kondisi Jalan Gunungkarang yang rusak parah, Sekretaris Desa Karangsari, Cipongkor, Cecep Wahyu mengakui jika jalan tersebut memang sudah lama rusak. Bahkan sudah lebih dari sepuluh tahun atau tepatnya setelah proyek pembangunan Bendungan Saguling dikerjakan.

"Jalan itu (rusak) sudah lama. Setelah proyek pembangunan Saguling memang tidak diperbaiki," ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (25/5/2021).

Pihak desa hanya bisa melakukan proses perbaikan ringan, seperti melakukan penambalan seadanya di titik yang bolong-bolong. Pihak desa pun tidak bisa melakukan perbaikan sepenuhnya, mengingat itu bukan jalan yang menjadi kewenangan desa.

Baca juga: Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Dievaluasi, Jika Ada Potensi Muncul Klaster Baru Bisa Distop

"Jalan itu milik PLN, kewenangannya ada di mereka. Jadi sebenarnya bukan tanggung jawab kami untuk perbaikan," imbuhnya.

Kendati begitu, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan permohonan perbaikan jalan. Akan tetapi sampai sekarang pengajuan itu belum mendapatkan jawaban. Pihak desa sebenarnya sudah menyiapkan sisa anggaran dari Banprov sebesar Rp60 juta hasil musyawarah desa untuk dialokasikan ke sana.

"Jalan ini menghubungkan Desa Karangsari dengan Desa Cintaasih dan Desa Sarinagen, lalu bisa tembus ke Rongga hingga Gununghalu. Total kerusakan jalan sekitar 900 meter, semoga cepat diperbaiki," timpalnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)