Gunungkidul Gempar! Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur - Ubur di Pantai Selatan

Minggu, 23 Mei 2021 - 20:46 WIB
loading...
Gunungkidul Gempar! Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur - Ubur di Pantai Selatan
Puluhan wisatawan yang tengah berlibur di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul tersengat ubur - ubur atau impes saat tengah bermain air dan berlibur, Minggu (23/5/2021). Foto iNews TV/Kismaya
A A A
GUNUNGKIDUL - Puluhan wisatawan yang tengah berlibur di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul tersengat ubur - ubur atau impes saat tengah bermain air dan berlibur, Minggu (23/5/2021). Bahkan satu wisatawan diantaranya harus dibantu pernapasan dengan oksigen karena mengalami sesak nafas akibat tersengat ubur – ubur .

Rudi Santo warga Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini harus mendapatkan penanganan berlanjut dari petugas Sarsatlinmas Wilayah ii Pantai Baron saat tersegat ubur - ubur di Kawasan Pantai Sepanjang, Gunungkidul. Dia harus mendapatkan bantuan pernapasan berupa oksigen karena mengalami sesak nafas usai tersengat ubur - ubur saat tengah bermain air pada Minggu sore.

Baca : Nekat Wisata Saat Pandemi, Puluhan Wisatawan Diserang Ubur-ubur


Menurut Rudi Santo dirinya mengalami sesak nafas usai tersengat ubur - ubur saat tengah berada air. “Saya tidak mengetahui adanya biota laut berbahaya tersebut hingga akhirnya dirinya tersengat dan mendapatkan perawatan,” timpalnya.

Sekretaris Sarsatlinmas Wilayah ii Pantai Baron Dimas Surisdiyanto mengatakan, para wisatawan yang tersengat ubur - ubur didominasi oleh mereka yang masih anak - anak dan remaja yang tengah asik bermain air di pinggir pantai. Ubur-ubur sendiri merupakan biota laut dengan tentakel berwarna biru sehingga begitu menarik untuk disentuh maupun dilihat.

Namun jika berusaha untuk memagangnya anda akan langsung tersengat oleh biota laut yang satu ini. Umumnya wisatawan yang tersengat ubur ubur akan merasakan panas nyeri dibagian yang tersengat.



“Sebagai pertolongan pertama Petugas Sarsatlinmas Wilayah ii Pantai Baron memberikan cairan alkohol dan meminta agar para wisatawan mengeringkan area sengatan ubur – ubur,” kata Sekretaris Sarsatlinmas Wilayah ii Pantai Baron Dimas Surisdiyanto.

Selain itu, kata dia, petugas sar juga meminta agar wisatawan menjauhi area pinggir pantai yang dangkal serta kawasan - kawasan yang disinyalir sebagai tempat mendarat ubur - ubur

Menurut dia, ubur - ubur mulai mendarat pada pergantian musim hujan ke musim kemarau. Biasanya biota bertentakel biru ini bersembunyi disela - sela bebatuan sehingga tidak nampak.

“Pada libur lebaran kali ini selama dua hari dihitung sejak Sabtu kemarin sudah ada 41 wisatawan yang tersengat ubur – ubur. Bahkan pada Minggu hari ini setidaknya 26 wisatawan yang tersengat ubur – ubur,” timpalnya.

Petugas meminta kepada para wisatawan yang tersengat ubur - ubur untuk datang ke pos sar untuk mendapatkan perawatan dari petugas.

“Selain itu petugas juga mengimbau kepada wisatawan agar tidak memegang biota laut yang ada di kawasan pantai untuk menghindari adanya serangan ubur – ubur,” tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)